MULAWARMAN NEWS

Pembakar Lahan di Mengkudu diamankan Polisi, Pelaku Dibayar Orang Pamukan

Lahan Inhutani yang sengaja dibakar oleh pelaku Di Desa Mengkudu, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, Selasa (7/2/2017)

Kepolisian Sektor Batu Engau berhasil mengamankan dua orang pelaku pembakaran lahan di Desa Mengkudu, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, Selasa (6/2/2017).

Kedua pelaku tersebut adalah Jaharudin dan Saipul Hadi yang kedapatan sedang melakukan aksi pembakaran lahan yang nantinya akan ditanami sawit.

Kapolsek Batu Engau Iptu Yulianto Eka Wibawa menuturkan pihaknya seperti biasa sedang melaksanakan patroli gabungan karhutla bersama PT. HTI di areal Inhutani petak 3 Desa Mengkudu, Kecamatan Batu Engau melihat lahan yang terbakar dan menemukan pelaku. Kemudian tim gabungan segera melakukan tindakan pemadaman agar kebakaran tidak meluas.

“Ketika patroli kami menemukan dua orang sedang membakar lahan tanpa izin di lahan Inhutani, segera keduanya kami amankan”, kata Yulianto saat di konfirmasi M-News.id.

Dari hasil penyelidikan awal, Yulianto menjelaskan bahwa kedua pelaku adalah orang suruhan.

“Setelah kami telusuri, ternyata kedua pelaku ini adalah orang suruhan Sugianto warga Pamukan Barat, Kalimantan Selatan”, ungkap Yulianto.

Selanjutnya, pihak kepolisian memberikan pemahaman tentang bahaya karhutla serta meminta pelaku membuat pernyataan untuk berjanji tidak akan mengulang perbuatannya.

“Untuk saudara Sugianto selaku yang menyuruh, kami sudah melakukan pemanggilan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya”, tambah Yulianto. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *