MULAWARMAN NEWS

360 Kapal Asing ke Paser Berpotensi Bawa Penyakit

M-NEWS.ID – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Balikpapan memantapkan program penyusunan dokumen rencana kontigensi penanggulangan kejadian kegawatdaruratan kesehatan masyarakat dengan menggelar pertemuan di Paser dengan melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan instansi terkait, Rabu (18/4/2018).

Narasumber dalam pertemuan ini dari KKP Balikpapan dan Direktorat Surveilans dan Karantina pada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kasi Pengendalian Karantina dan Survilans Epidemiologi KKP Balikpapan Nooryadi Setiawan mengatakan, sebanyak 360 kapal asing masuk ke Kabupaten Paser setiap tahunnya dan berpotensi membawa penyakit menular melalui awak kapal.

“Ada 360 kapal asing setiap tahun masuk ke Paser yang bisa saja dari awak kapalnya membawa penyakit menular,” kata Nooryadi.

Nooryadi mengatakan, ratusan kapal asing tersebut memasuki perairan Paser melalui Adang Bay yang pada umumnya adalah kapal pengangkut batu bara.
KPP Balikpapan lanjut Nooryadi, memiliki kewajiban untuk melakukan pemeriksaan kesehatan berdasarkan standar operasional yang sudah ditentukan.

Mirza Irwanda dari Direktorat Surveilans dan Karantina pada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan, terdapat beberapa penyakit menular yang datang dari luar negeri berdasarkan karakteristik wilayah.

“Jika kapal dari asia timur, biasanya yang harus diwaspadai adalah penyakit seperti flu burung, sars. Dari Semenanjung Arab ada penyakit mers. Dan banyak penyakit lainnya misalnya ebola,” ujar Mirza.

Mirza menegaskan, ancaman kesehatan dari luar negeri bukan hanya penyakit menular. Menurutnya, radiasi nuklir bisa juga menjadi ancaman kesehatan. (sas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *