MULAWARMAN NEWS

7 Hektar Areal Kebun Masyarakat Terbakar, BPBD Paser Sesalkan Sikap PTPN XIII

M-News.id – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di wilayah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur beberapa waktu lalu.
Setidaknya 7 hektar kebun sawit masyarakat Desa Saing Prupuk, Kecamatan Batu Engau hangus dilalap api.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paser Edwar Effendi menyampaikan Kebun yang terbakar itu berdampingan dengan lokasi kebun milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Seharusnya sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat, PTPN XIII turut membantu memadamkan kebakaran tersebut, apalagi kalau kebun warga merupakan binaan PTPN XIII,” kata Kepala Pelaksana BPBD Paser Edwar, Jumat (29/9/2017).

Edwar mengaku kejadian tersebut terjadi bertepatan pada saat Dia mengikuti Rapat Paripurna di DPRD Paser.

“Saya ingat sekali kapan peristiwa itu terjadi hari Rabu tanggal 20 September, ketika rapat selesai kami (BPBD Paser, red) langsung menuju lokasi kebakaran tanpa sempat ganti baju,” ungkapnya.

Menurutnya, BPBD saat ini tidak memiliki peralatan pemadaman tapi memiliki peralatan pertolongan. Dan untuk bantuan pemadaman, BPBD hanya memiliki truk tangki dan mesin pompa, dan sejumlah personel yang dikerahkan untuk membantu warga.

“Kami sudah pasti akan membantu dengan segala sumber daya yang kami punya, tapi memang untuk Karhutla ini dibentuk tim beranggotakan seperti Damkar dan Manggala Agni, yang punya alat yang membantu pemadaman, termasuk peralatan pemadam milik perusahaan-perusahaan,” ujarnya.

Tim yang dibentuk berjenjang ini, lanjut Edwar juga beranggotakan TNI dan Polri ini telah bersepakat untuk memperhatikan kearifan lokal.

“Jika pembukaan lahan untuk berladang, maka warga hanya laporan ke kecamatan, Polsek, dan Koramil, terdekat agar kegiatan mereka bisa diawasi dan tidak sampai merembet ke lahan lain,” imbuhnya. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *