Agribisnis Faperta Unmul Teken MoU dengan Lapenkop Kaltim, Sepakat Kembangkan Perkoperasian Kampus

MNEWSKALTIM.COM, SAMARINDA – Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman berkomitmen mengembangkan kegiatan perkoperasian di lingkungan civitas akademika dengan menggandeng Lembaga Pendidikan Perkoperasian (LAPENKOP) Wilayah Kaltim

Dilansir dari Agresifnews.co, komitmen itu ditandai dengan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Ketua Jurusan Agribisnis Faperta Unmul Ir. Rita Mariati, MP dan Kepala LAPENKOP Wilayah Kaltim Jumri, SP, di Gedung Bundar Faperta Unmul pada Jum’at (17/6/2022)

Rita Mariati mengatakan, dalam pengembangan perkoperasian di lingkungan civitas akademika Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman membutuhkan kolaborasi bersama salah satunya dengan LAPENKOP Dekopin Wilayah Kaltim.

“Komitmen kerjasama ini merupakan bagian dari upaya pengembangkan SDM yang berkualitas, mampu berdaya saing dan mandiri,”

Ketua Jurusan Agribisnis Faperta Unmul Ir. Rita Mariati, MP

Dia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada LAPENKOP Dekopin Wilayah Kaltim. Menurutnya sinergi ini sangat diperlukan untuk mengakselerasi pelaksanaan program pemberdayaan dan pengembangan koperasi.

“Terimakasih kepada LAPENKOP Kaltim yang telah bersedia bekerjasama  dalam meningkatkan SDM dan pengabdian masyarakat kampus khususnya jurusan Agribisnis Faperta Unmul,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala LAPENKOP Dekopin Wilayah Kaltim Jumri, SP menjelaskan, program pengembangan perkoperasian mencakup pendidikan dan pelatihan berupa konsultasi, edukasi, fasilitasi perkoperasian.

“Adapula pendampingan koperasi berdasarkan prinsip-prinsip perkoperasian yang berorientasi pada nilai kearifan lokal,” tutur Jumri.

Baca Juga :

Dia berharap melalui kerjasama ini, sebagai  langkah awal menciptakan ekosistem perkoperasianagar dapat memberikan kemanfaatan bersama, baik bagi mahasiswa dan masyarakat Kaltim.

“Semoga ini menjadi langkah awal untuk melakukan kerjasama secara realistis dalam bidang perkoperasian civitas akademika Jurusan Agribisnis Faperta Unmul,” kata Jumri.

Selain penandatanganan MoU, kegiatan juga dirangkai pengukuhan Ikatan Alumni Agribisnis Faperta Unmul dan Kuliah Umum oleh Dr. Achmad Zaini, SP, MP dan Dr. Mursidah, SP, MM dengan tema Arah Penelitian dan Peran Alumni, Dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.