MULAWARMAN NEWS

Ajak Masyarakat Awasi Rekrutmen PPK, Bawaslu Paser Buka Posko Aduan

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Paser membuka Posko aduan dugaan pelanggaran rekrutmen calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Paser tahun 2020.

Posko yang berada di Kantor Bawaslu Paser Jalan Sultan Ibrahim Khaliludin Tanah Grogot, dibentuk untuk mengawasi jalannya proses rekrutmen serta menerima pengaduan dan layanan informasi masyarakat terhadap para calon anggota PPK yang sedang mengikuti seleksi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paser.

Anggota Bawaslu Paser yang juga Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubal, Fauzan mengatakan layanan posko aduan tersebut mengajak masyarakat turut mengawasi proses rekrutmen agar sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Masyarakat tidak perlu ragu melaporkan, posko aduan ini sudah berjalan, dan akan kami buka setiap hari selama proses seleksi anggota PPK oleh KPU Paser,” kata Fauzan saat dikonfirmasi MNEWSKALTIM.COM, Kamis (23/01/2020).

Fauzan juga mengatakan pihaknya akan memastikan rekam jejak para calon anggota PPK melalui masukan dan tanggapan yang diberikan masyarakat ke posko pengaduan.

“Aduan tersebut misalnya ketika masyarakat mengetahui atau menemukan pendaftar telah menjabat dua periode berturut-turut sebagai PPK dan pernah ikut serta dalam parpol atau timses,” ucapnya.

“Jangan sampai ada pendaftar yang umurnya kurang dari 17 tahun, domisilinya juga harus sesuai dengan wilayah pendaftar,” tambah Fauzan.

Selain itu, untuk mengetahui latar belakang para calon anggota PPK secara terbuka, pihaknya juga akan melibatkan struktur dibawah Bawaslu Paser.

“Kita juga akan melibatkan 30 Panwascam yang telah dilantik untuk membantu menelusuri latar belakang para calon PPK di masing-masing kecamatan,” tuturnya. (*/drn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *