MULAWARMAN NEWS

Akhir Kegiatan TMMD ke 101 Kodim 0904/TNG, Kasdam Instruksikan Prajurit Kembali ke Batalion

Kasdam IV Mulawarman Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso melakukan penanaman pohon didampingi Kasdim 0904/TNG Calvin.

M-NEWS.ID, TANA PASER – Setelah pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Kodim 0904 mencapai akhir pada Kamis (3/05). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 31 hari.

Pada Kamis (3/05) seluruh Personil Kodim 0904/TNG melaksanakan Upacara penutupan TMMD ke 101 tersebut di lapangan desa Suliliran Baru Kecamatan Pasir Belengkong.

Kegiatan upacara tersebut tampak dipimpin langsung Kasdam IV Mulawarman Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso serta dihadiri Ketua DPRD Paser H. Kaharuddin, Unsur Muspida, kepolisian Polres Paser, Perwakilan Mahasiswa, Perwakilan Kecamatan Pasir Belengkong, Unsur Pemerintahan Desa Suliliran Baru. Serta tampak Warga setempat memadati sisi pinggir lapangan Desa Suliliran Baru.

Penandatanganan plakat oleh Kasdam IV Mulawarman didampingi Dandim 0904/TNG dan Staf Ahli Bupati

Dalam sambutannya Kasdam IV Mulawarman Brigjen TNI Teguh Rumekso menyampaikan, terimakasih kepada warga Desa Suliliran baru dan pemerintah setempat atas dukungannya dalam pelaksanaan TMMD ke 101 Kodim 0904/TNG.

“Terima kasih atas dukungan dari pihak pemerintah Kabupaten Paser dan seluruh warga Desa Suliliran Baru dan Desa Laburan dan yang sudah mendukung kegiatan ini secara Totalitas termasuk kepada warga yang sudah turut hadir serta bergotong royong dalam rangka menyelesaikan kegiatan ini secara maksimal.” Ujar Teguh.

Disampaikan juga bahwa kegiatan serupa juga dilaksanakan di 50 wilayah se Indonesia. Kegiatan ini merupakan luapan rasa syukur atas pencapaian yang telah diraih.

“Saat ini kita bersama-sama mengucapkan syukur kita atas apa yang telah kita raih bersama, dan semoga tekad, semangat serta niat yang tulus selama kegiatan ini dapat terganjar dengan kebahagiaan di kalangan masyarakat yang ada disekitar kita.” Ungkapnya.

Selain itu Ia juga mengharapkan agar nilai output dari kegiatan TMMD ini bukan hanya berupa kegiatan fisik semata.

“Bukan hanya kegiatan fisik yang kita harapkan, Namun juga mampu. membangun Karakter bangsa, agar generasi muda bangsa ini bisa semakin kompetitif dan memiliki nilai kemandirian yang tinggi.

Menurut teguh Partisipasi Masyarakat sangat baik, dan pemerintah setempat pun sangat bersyukur dengan adanya kegiatan TMMD tersebut.

 

“Disini TNI hanya membantu Program pemerintah, yang belum sempat tersentuh. Dari itu masyarakat dan pemerintah merasa sangat terbantu, Contohnya dengan pembangunan badan jalan, yang tadinya masyarakat harus menempuh 16 kilo perjalanan, sekarang cukup 4 kilo masyarakat sudah tiba di desa Laburan.” Ungkapnya

Setelah ini lanjutnya lagi, Satgas TMMD akan melakukan evaluasi terkait pelaksanaan kegiatan ini. Agar kedepannya jika ada kesalahan dalam pelaksanaan tahun ini maka tidak terulang ditahun berikutnya.

Sedangkan disisi lain Ketua DPRD Paser H. Kaharuddin menyampaikan, Bahwa pihak pemerintah akan melanjutkan program pembangunan jalan yang telah dibentuk oleh TNI melalui kegiatan TMMD tersebut.

“Untuk jalan, karena program TNI hanya membentuk Badan jalan, Maka selanjutnya akan menjadi tanggungjawab pemerintah Daerah untuk melakukan peningkatan kualitas jalan tersebut.” Ujar Kaharuddin.

Menurut Kaharuddin pemerintah sangat terbantu dengan kegiatan TMMD tersebut, terutama dalam hal anggaran pengerjaan.

“ kalau dengan kegiatan TMMD ini kan tidak ada nilai ganti rugi lahan, jadi sudah jelas anggaran yang digunakn juga sudah berkurang, semoga kegiatan ini kedepannya bisa kita laksanakan lagi.” Pungkasnya. (aia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *