MULAWARMAN NEWS

APBD Paser 2020 Capai Rp 2,4 Triliun

M-NEWS.ID, TANA PASER – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Paser pada tahun 2020 direncanakan mencapai Rp 2,378 triliun.

Total pendapatan ini berdasarkan pendapatan asli daerah sebesar Rp 134,79 milyar, dana perimbangan sebesar Rp 1.396.611 milyar dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp 847.552 juta.

Wakil Bupati Paser H Kaharuddin saat menyampaikan nota keuangan rancangan APBD tahun 2020 mengatakan pendapatan asli daerah sebesar Rp134,79 milyar yang berasal dari pajak dan retribusi daerah.

“PAD kita terdiri dari pajak daerah sebesar Rp 33 milyar lebih dan retribusi daerah sebesar Rp 9,77 milyar lebih,” kata Wabup.

Selain itu, sumber lainnya berasal dari bagian laba atas penyertaan modal pada Bank Kaltim berupa Deviden Bank Kaltim.

“Deviden Bank Kaltim sebesar Rp 6,5 milyar dan lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang sah sebesar Rp 85,5 milyar,” ungkapnya.

Sedangkan sisa dana sebesar Rp 1,396 Triliyun berasal dari dana perimbangan yaitu pendapatan yang bersumber dari dana perimbangan terdiri pendapatan dari bagi hasil pajak dan bukan pajak, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus.

Sementara Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi mengatakan akan segera melaksanakan agenda pembahasan rancangan APBD tahun 2020 agar tuntas sesuai waktu yang ditentukan.

“Nota keuangan akan dibahas pada pertengahan November 2019, sehingga pada akhir November sudah mendapatkan persetujuan DPRD agar di sahkan menjadi Perda,” kata Hendra. (*/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *