MULAWARMAN NEWS

Atasi Karhutla, Pengelola Tahura Petangis Baru Mampu Terjunkan 6 Personel

M-NEWS.ID, TANA PASER – Pengelola Tahura Lati Petangis menerjunkan 6 personil mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Lati Petangis.

“Untuk mencegah merembet titik api dari lahan di sekitar tahura, kita siagakan 6 personel untuk jaga setiap hari,” kata Kabid Pengelolaan Tahura DLH Paser Teguh Haryanto.

Dia mengatakan dengan luas Tahura sekitar 3.400 hektar, dibutuhkan personel yang cukup memadai untuk menangani karhutla di kawasan tersebut.

“Karena personel yang ada saat ini baru berjumlah 6 orang ditambah 2 petugas keamanan. Jumlah tersebut dinilai belum memadai untuk mengatasi karhutla sehingga perlu dibentuk satu brigade karhutla,” ucapnya.

Seperti belum lama ini, lanjutnya, kebakaran terjadi di dekat kawasan Tahura pada Jumat (30/8/2019) siang namun api berhasil dipadamkan petugas.

“Api berasal dari lahan seluas 3,5 hektare milik warga Desa Saing Prupuk, yang dikhawatirkan api merembet ke Tahura dan meluas,” tuturnya.

Sementara itu, menurut Kasi perlindungan, Pengawetan dan Pemanfaatan Tahura DLH Paser Syarifuddin, Tahura sudah memiliki peralatan yang memadai untuk dibentuk satu brigade.

Peralatan tersebut yakni mobil pemadam jeef 2 unit, mobil pemadam truck 2 unit, mobil water suplay truck 1 unit, satu buah motor, pompa punggung (genpo), pompa jinjing (waterex) dan peralatan karhutla lainnya, Tahura Paser dinilai layak dibentuk satu brigade karhutla.

“Brigade akan fokus menangani kebakaran hutan di kawasan Tahura dan juga bisa diberdayakan membantu jika ada kebakaran di tempat lain,” ucap Syarifuddin.

Namun untuk pembentukan brigade, DLH Paser saat ini menghadapi persoalan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Apalagi ada edaran untuk tidak merekrut tenaga Pegawai Tidak Tetap (PTT). Itu jadi kendala,” ucap Syarifuddin. (*/sas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *