MULAWARMAN NEWS

Balikpapan Tidak Berlakukan Rapid Antigen Perjalanan Darat

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi / Foto : Instagram rz_effendi58

MNEWSKALTIM.COM, BALIKPAPAN – Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi lewat akun instagram pribadi miliknya mengklarifikasi informasi yang beredar di luas terkait pemberlakuan Rapid Test (RT) Antigen bagi pelaku perjalanan darat ke Kota Balikpapan.

Dalam komentar nya, Rizal menyatakan, saat ini kewajiban membawa surat keterangan RT Antigen di Kota Balikpapan baru hanya diberlakukan untuk perjalanan dengan transportasi udara, tetapi tidak dengan perjalanan darat.

“Mohon diklarifikasi, Sampai saat ini Balikpapan hanya menerapkan wajib rapid antigen bagi yang datang menggunakan jalur udara melalui bandara Sepinggan Balikpapan. Penggunaan rapid antigen diwajibkan berlaku di Jawa-Bali. Sedangkan daerah lainnya bisa menerapkan bisa juga tidak,”

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi lewat akun instagram pribadinya, Jum’at (15/1/2021)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan, Andi Sri Juliarty juga turut menyampaikan klarifikasi terkait informasi kewajiban RT Antigen bagi pelaku perjalanan darat ke Balikpapan.

Menurutnya, pertemuan beberapa waktu lalu untuk mensosialisasikan Surat Edaran (SE) Satgas Covid 19 Nasional Nomor 1 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Pandemi Covid-19.

Baca Juga :

Dalam SE tersebut disampaikan ketentuan persyaratan hasil RT Antigen negatif bagi pelaku perjalanan udara, laut dan darat.

“Tapi bukan berarti Pemerintah Kota Balikpapan telah memberlakukan syarat rapid antigen pada pelaku perjalanan melalui darat,” terangnya.

Adapun pemberlakuan syarat rapid antigen di Kota Balikpapan yang sudah berlaku adalah berdasarkan Surat Edaran Walikota No 440 / 02 / 2021 bagi pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi udara melalui bandara udara SAMS Sepinggan Balikpapan. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *