MULAWARMAN NEWS

Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi, Polres Paser Canangkan Asrama Polisi Tangguh

Kapolres Paser AKBP Eko Susanto saat menebar benih ikan lele di Aspol Tangguh Polsek Tanah Grogot / Foto : rih

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Polres Paser terus berinovasi dalam membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia. Salah satunya dengan mencanangkan program Asrama Polisi (Aspol) Tangguh.

“Dengan program Aspol Tangguh ini kami mengajak masyarakat untuk bisa memanfaatkan keberadaan lahan disekitar rumah,”

Kapolres Paser AKBP Eko Susanto. Jumat (5/3/2021)

Menurut Kapolres, program Aspol Tangguh yang diadaptasi dari Kampung Tangguh Nusantara (KTN) ini diterapkan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. Mengingat kondisi lahan yang ada di Kabupaten Paser masih tersedia luas.

“Sehingga diharapkan nantinya pemanfaatan lahan disekitar rumah ini memiliki nilai ekonomis dan dapat mendukung perekonomian keluarga,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kapolres menyebut Aspol Tangguh memiliki dua fungsi, yakni pertama sebagai penyangga ketahanan pangan dan kedua sebagai fungsi penguatan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Program ini selain sebagai penyangga ketahanan pangan juga bentuk penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19,” terangnya.

Dia menambahkan, program Aspol Tangguh juga memperhatikan kondisi lingkungan Polsek. Sehingga setiap Polsek harus mempertimbangkan apa saja yang bisa dikembangkan.

“Macam-macam bisa dikembangkan sesuai kondisi dan kebutuhan di lingkungan Polsek masing-masing, mulai dari sisi pertanian, sayur mayur, hingga perikanan,” ucapnya.

Baca Juga :

Aspol Tangguh sebagai salah satu langkah untuk mendukung penguatan ketahanan pangan ditengah mewabahnya Covid-19 diharapkan bisa pula dikembangkan di lingkungan Masyarakat.

“Kita berharap masyarakat pun bisa ikut terlibat dalam pemanfaatan lahan sekitarnya untuk mendukung ketahanan pangan keluarga,” harapnya.

Diketahui, saat ini, Polres Paser telah memulai penerapan Aspol Tangguh tersebut di Polsek jajaran salah satunya Polsek Tanah Grogot yang berada di Desa Janju, Kecamatan Tanah Grogot.

Polsek Tanah Grogot sendiri memulai dengan melakukan pembudidayaan ikan di sekitar Mapolsek. Dalam pencanangan Aspol Tangguh itu, Kapolres Paser berkesempatan melakukan pelepasan bibit ikan lele sebanyak 5.000 ekor.

Sedangkan untuk pemanfaatan lahan sekitar Mapolres telah dilaksanakan melalui program Asrama Sehat Ruo Taka yang launching saat menyambut kunjungan kerja Kapolda Kalimantan Timur beberapa waktu lalu. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *