MULAWARMAN NEWS

Bawaslu RI akan Gelar SKPP Tingkat Dasar Tahun 2021 di Kabupaten Paser

Anggota Bawaslu Paser Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubal, Fauzan

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Bawaslu RI akan menggelar kegiatan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar Tahun 2021 di Kabupaten Paser pada 6 – 8 September 2021 mendatang.

Kegiatan SKPP Bawaslu ini sendiri merupakan kegiatan peningkatan partisipasi dalam pemilu dan pilkada yang melibatkan generasi milenial sebagai pesertanya.

Anggota Bawaslu Paser Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubal, Fauzan mengatakan penunjukan Kabupaten Paser sebagai lokasi SKPP setelah melalui proses perencanaan yang panjang dan sempat tertunda karena pandemi covid 19.

“Akhirnya Bawaslu RI memutuskan Kabupaten Paser sebagai tempat pelaksanaan kegiatan selama tiga hari pada tanggal 6 – 8 September 2021 di Hotel Kyriad Sadurengas,”

Anggota Bawaslu Paser Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubal, Fauzan, Selasa (31/8/2021)

Fauzan menyebut, Bawaslu RI melihat Kabupaten Paser memiliki kesiapan fasilitas yang memadai dan memungkinkan untuk kemudahan dalam mobilisasi peserta dari Kota Balikpapan, Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara (PPU).

“Total ada 70 peserta dari tiga daerah, yakni 20 orang berasal dari Paser, 32 orang dari Balikpapan dan 18 dari PPU,” ucapnya.

Salah satu program unggulan Bawaslu dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat juga akan dihadiri anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, SH, dan juga Anggota Bawaslu Kaltim serta anggota Bawaslu kabupaten PPU, Balikpapan dan Paser.

Bawaslu Paser dalam persiapan kegiatan, sambung Fauzan, telah mendapat lampu hijau dari pemerintah daerah melalui rapat bersama pada tanggal 25 Agustus 2021 lalu di Ruang rapat Sekda Kabupaten Paser.

“Kami bersama anggota Bawaslu PPU dan Balikpapan mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari peserta, mobilisasi dan persiapan teknis lainnya,’ terangnya.

Selain itu, sembari menunggu surat rekomendasi dari Gugus Tugas Pencegahan Covid 19 dalam pencegahan penyebaran covid 19 di kabupaten paser, akan ada rapat technical meeting dengan peserta di masing masing kabupaten pada tanggal 3 September 2021.

“Masing-masing Ketua Bawaslu Kabupaten / Kota telah mengirimkan surat pernyataan sebagai bentuk komitmen dan kesungguhan untuk mematuhi protokol kesehatan kepada Gugus tugas covid 19 sebagai prasyarat keluarnya surat rekomendasi atau izin pelaksanaan kegiatan,” ungkapnya.

Baca Juga :

Fauzan menambahkan, beberapa item bentuk penerapan protokol kesehatan ketat yang akan dilaksanakan pada kegiatan SKPP ini antara lain peserta, panitia & fasilitator akan dilakukan rapid antigen sebelum mengikuti kegiatan.
Peserta, panitia & fasilitator yang mengikuti kegiatan juga wajib dilakukan pengukuran suhu tubuh setiap saat.

Setelah itu peserta, panitia & fasilitator wajib menggunakan masker. Memberikan jarak kursi minimal 1 meter antar peserta masing-masing peserta, panitia dan fasilitator akan diberikan cairan antiseptik

Kemudian pada waktu istirahat maka peserta diwajibkan untuk kembali ke kamar masing-masing dan tidak berkerumun serta Pemberian konsumsi peserta akan diantarkan ke kamar masing-masing dan coffee break akan disiapkan di meja masing-masing peserta.

“Ini sebagai komitmen dan upaya kami untuk medukung penuh upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Paser,” kata Fauzan.

Kegiatan ini juga akan dihadiri Bupati Paser yang telah kami konfirmasi kesediaannya untuk hadir. Tak luput pula kami seperti KPU kabupaten Paser, Kepala Kepolisian Kabupaten Paser, Kejari Paser, Ketua DPRD Paser dan Kesbangol Paser. (*/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *