MULAWARMAN NEWS

BBPOM Sidak Makanan dan Minuman Kadaluarsa di Sejumlah Retail di Paser

M-NEWS.ID, TANA PASER – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Samarinda bersama Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop & UKM) serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser menggelar Sidak di sejumlah Retail yang berada di Bumi Daya Taka beberapa waktu lalu.
Menurut Pengawas Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Disperindagkop & UKM Kabupaten Paser Marwan Natsir, bahwa jenis makanan dan minuman yang menjadi sasaran sidak kali ini adalah yang telah kadaluarsa dan parcel lebaran yang sudah mendekati masa expired.

“Sasaran sidak, seperti makanan dan minuman yang telah kadaluarsa, termasuk isi parcel lebaran yang telah mendekati masa expired. Ya kami himbau agar tidak dikeluarkan,” ungkap Marwan-biasa disapa, Kamis (07/06/2018).

Senada, perwakilan BBPOM Samarinda Danang Tri Atmojo menyampaikan, bahwa sesuai dengan tugas dan fungsi pokok (Tupoksi) pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap peredaran makanan dan minuman di pasaran.

“Pemeriksaan dilakukan untuk mengantisipasi peredaran makanan dan minuman yang telah kadaluarsa. Dan kami pun akan melakukan pemusnahan terhadap makanan dan minuman yang sudah tidak layak dikonsumsi itu,” katanya.

Terkait parcel lebaran, lanjut ia, pihaknya menghimbau supaya penyedia parcel tidak memuat atau memberikan makanan dan minumam dengan batas expired kurang dari enam bulan.
“Kan biasanya parcel tidak langsung di konsumsi. Makanya, kami (BBPOM) menghimbau agar penyedia parcel bisa memberikan makanan dan minuman yang masa expirednya lebih dari enam bulan,” ucapnya.

Sayangnya, kendati petugas telah ditemukan makanan dan minuman yang telah kadaluarsa maupun yang mendekati masa expired, namun pemilik toko enggan dikonfirmasi terkait hal tersebut. (aia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *