MULAWARMAN NEWS

Berstatus ODP, 42 Warga Paser Dinyatakan Sehat

Kadinkes Paser Amir Faisol

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser menyatakan perkembangan data terbaru hingga, Rabu (18/3/2020), Orang Dalam Pemantauan atau  ODP di Paser sebanyak 42 orang.

Diketahui ke 42 orang dengan status pemantauan tersebut, kebanyakan merupakan warga yang habis bepergian keluar negeri.

“Dari 42 orang yang masuk status ODP kondisinya sehat,” kata Kadinkes Amir Faisol, Rabu (18/3/2020).

Ditambahkan Amir, dari ke 42 Orang tersebut tidak ada indikasi terpapar Covid-19 yang sudah ditetapkan menjadi pandemi global oleh World Health Organization (WHO) beberapa waktu lalu.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, karena semua orang dalam pemantauan tidak ada indikasi menjurus ke virus corona,” ucapnya.

Walaupun dinyatakan sehat, sesuai protokol menghadapi Covid-19, Pihaknya tetap melakukan pemantauan secara rutin sebagai bentuk pencegahan.

“Sesuai protap, bagi yang memiliki riwayat bepergian keluar negeri, terlebih dari negara yang diduga terinfeksi corona, semua akan tetap di pantau oleh puskesmas di masing-masing wilayah,” tuturnya.

Amir juga meminta masyarakat untuk tidak panik dan juga mengajak masyarakat menjaga lingkungan agar tetap kondusif, namun tetap meningkatkan kewaspadaan serta tetap menjaga pola hidup sehat.

Sementara itu, berdasarkan rilis Gubernur Kalimantan Timur menyatakan bahwa jumlah pasien dengan pengawasan (PDP) di Kaltim sejak 31 Januari hingga 18 Maret 2020 berjumlah 35 orang.

Dari total itu, 10 orang diantaranya sudah negatif. Sementara, 24 lainnya masih menunggu hasil dari laboratorium Kementerian Kesehatan RI dan 1 orang sudah dinyatakan positif.

Untuk kondisi Pasien yang terkonfirmasi COVID 19 sedang dalam perawatan di ruang isolasi RS AW Syahrani, sampai saat ini dalam kondisi stabil dan semakin membaik.

Sedangkan distribusi sebaran Pasien dalam pengawasan tersebut meliputi, 17 kasus terjadi di Balikpapan, 3 orang di Samarinda, Kutai Kartanegara ada 2 kasus, Paser 2 kasus dan Bontang 1 orang. (adv/dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *