MULAWARMAN NEWS

Buka TTG 2021, Bupati Harap Inovator Mampu Menjawab Permasalahan di Masyarakat

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Paser melaksanakan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kabupaten Paser Tahun 2021 di Hotel Kyriad Sadurengas Tana Paser, Selasa (6/7/2021).

Dalam kesempatan itu, Bupati Paser dr Fahmi Fadli mengatakan penemuan para inovator pada Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Paser Tahun 2021 mampu meningkatkan kuantitas, kualitas, nilai tambah maupun hasil produksi masyarakat

“Inovator dapat menciptakan inovasi yang manfaatnya bdapat dirasakan langsung oleh masyarakat,”

Bupati Paser dr Fahmi Fadli

Bupati menjelaskan, Kabupaten Paser mempunyai potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang melimpah dimana peran TTG sangat diperlukan dalam upaya pemanfaatan sumber daya tersebut secara arif, berkelanjutan dan ramah lingkungan.

“Sudah saatnya pembangunan desa tidak hanya terfokus pada infrastuktur, akan tetapi juga memperhatikan pemberdayaan ekonomi produktif masyarakat,” ucapnya.

Sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik indonesia Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021. Dana yang telah di transfer ke desa baik dari APBN maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dari pemerintah daerah dapat digunakan untuk meningkatkan pendapatan asli desa.

“Dana yang telah di transfer ke desa baik dari APBN maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dari pemerintah daerah, sebaiknya dapat dimaksimalkan untuk mendatangkan income (pendapatan) ke Desa. salah satunya melalui Badan Usaha Milik desa ( BUMDes) dan Pos Pelayanan Teknologi Desa (Posyantekdes),” terangnya.

Baca Juga :

Dia menambahkan, mengingat faktor-faktor tertentu menurut Fahmi. seperti kesenjangan akses informasi, keterbatasan modal, dan kendala geografis, maka proses alih teknologi khususnya TTG kepada masyarakat diperlukan campur tangan pemerintah untuk percepatannya, antara lain dengan melaksanakan Lomba Kreasi dan Inovasi Teknologi Tepat Guna.

“Lomba ini merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah dalam kegiatan pemasyarakatan TTG dalam upaya mengkomunikasikan dan mempercepat penerapan dan pemanfaatan TTG oleh masyarakat khususnya masyarakat desa untuk mendukung dalam pengelolaan sumber daya alam di desa,” kata Bupati. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *