MULAWARMAN NEWS

Dari Luar Daerah, Warga Diimbau Lapor ke Puskesmas

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser mengimbau kepada warga yang baru bepergian dari luar daerah termasuk yang berasal dari daerah terjangkit untuk melapor ke puskesmas terdekat.

Kepala Dinas Kesehatan yang juga Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Paser Amir Faisol mengatakan hal tersebut dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19 dari luar daerah.

“Jika ada ada warga Paser yang habis bepergian keluar daerah, apalagi dari daerah terjangkit segera lapor ke puskesmas terdekat,” kata Amir Faisol.

Upaya itu dilakukan, lanjut Amir, untuk mendeteksi dini adanya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Paser. Dimana per Sabtu 28 Maret 2020 tercatat sebanyak 154 Orang Dalam Pantauan (ODP).

“Angka ini bisa terus bertambah karena banyak mahasiswa dan warga Paser yang bepergian keluar daerah,” ucapnya.

Bagi warga yang telah melapor ke fasilitas kesehatan, lanjutnya, jika kondisinya sehat atau tidak mengalami gejala sakit seperti batuk atau demam makan diharuskan isolasi mandiri.

“Bila tidak ada gejala atau keluhan,cukup isolasi diri di rumah selama 14 hari,” tuturnya.

Dia menjelaskan, saat ini Pemkab Paser melalui Gugus Tugas Covid-19 memperketat pengawasan warganya, dan membatasi aktivitas kerumunan massa untuk menekan penyebaran Covid-19.

Data monitoring Dinas Kesehatan Paser terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) dari kehari semakin meningkat.

Dari 7 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di RSUD Panglima Sebaya, 4 diantaranya sudah dipulangkan karena kondisi kesehatannya membaik. Saat ini belum ada kasus pasien positif Covid-19 di Paser.

Masyarakat Paser diminta aktif melapor jika memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah, di nomer call center COVID-19 081549601340 atau 08125499838. (adv/dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *