MULAWARMAN NEWS

Desa Sumber Sari Kecamatan Babulu Penajam Paser Utara Menjadi Wilayah Tahan Pangan

MNEWSKALTIM.COM, PPU – Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ditetapkan oleh pemerintah setempat sebagai Desa Ketahanan Pangan Tinggi pada akhir tahun 2021.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Penajam Paser Utara , Surito Widarie, bahwa Desa Sumber Sari telah ditetapkan sebagai desa yang sangat aman pangan.

Selain desa ini, ada sembilan desa lain yang ditetapkan sebagai desa/kelurahan ketahanan pangan.

“Desa Sumber Dari ditetapkan sebagai desa yang sangat aman pangan. Kemudian ada 9 desa/kelurahan di Penajam Paser Utara,”

Surito, Minggu (9/1/2022)

Sembilan desa/kelurahan lainnya meliputi desa Petung, desa Sidorejo, kemudian beberapa di antaranya berada di Kecamatan Sepaku dan Kecamatan Babulu.

Penetapan desa/kelurahan tahan pangan merupakan upaya pemerintah daerah untuk mendorong desa/kelurahan PPU masuk dalam kategori ini, sehingga desa/kelurahan dapat meningkatkan produksi pangan desa.

Baca Juga :


Ada beberapa kriteria desa/kelurahan dapat ditetapkan sebagai desa aman pangan. Misalnya, suatu daerah memiliki lahan pertanian dan kebun, akses ke air minum. “Ada pasar yang populer dan tenaga kesehatan yang memadai,” katanya.

Surito mengatakan, daerah yang telah ditetapkan sebagai desa ketahanan pangan akan terus dipantau dan dievaluasi oleh pemerintah daerah setiap tahun. Kami akan terus menilai status desa atau kecamatan yang memiliki ketahanan pangan.

“Kami berharap desa atau kelurahan yang telah ditetapkan rawan pangan dapat mempertahankan statusnya,” ujarnya. (kpn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *