MULAWARMAN NEWS

Dinkes Paser Sebut Tidak Ada Pasien Corona di RS Panglima Sebaya

Kepala Dinas Kesehatan Paser Amir Faisol

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser menyebut tidak ada pasien positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Panglima Sebaya, Kabupaten Paser.

Terkait isu yang merebak di media sosial tentang satu orang pasien yang diduga terjangkit virus Corona, hasil pemeriksaan tim medis rumah sakit menyatakan pasien menderita penyakit pnemonia atau radang paru-paru.

“Memang senin malam ada pasien datang ke RSUD dengan gejala pilek, batuk, sesak nafas, tetapi setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan oleh tim medis, pasien didiagnosa pnemonia,” kata Kepala Dinas Kesehatan Paser Amir Faisol saat di konfirmasi MNEWSKALTIM.COM, Selasa (3/3/2020).

Walaupun demikian, lanjut Amir, pasien yang tercatat memiliki riwayat perjalanan keluar negeri itu akan mendapatkan pengawasan khusus dari pihak rumah sakit.

“Kebetulan yang bersangkutan baru usai umroh, sehingga saat ini posisinya masih mendapatkan perawatan tim medis di ruangan khusus RSUD,” ucapnya.

Pasca pengumuman yang di sampaikan Presiden Joko Widodo terkait dua warga Depok yang terinfeksi virus corona, Dinkes Paser telah mengambil langkah antisipasi penyebaran virus yang bermula dari Wuhan, China itu.

“Seluruh puskesmas di Paser kita minta meningkatkan kewaspadaan dengan menggalakkan gaya hidup bersih dan sehat ke masyarakat, serta memantau orang-orang yang telah melakukan perjalanan ke luar negeri,” katanya.

Selain itu, Amir menjelaskan dengan ditunjuknya RSUD Panglima Sebaya sebagai rumah sakit rujukan pasien virus corona dari Kementerian Kesehatan RI, pihaknya berupaya untuk melengkapi segala fasilitas.

“Sebagai rumah sakit rujukan, kondisi SDM yang ada kita pastinya siap, termasuk tetap berusaha memenuhi fasilitas penunjang lainnya,” imbuhnya.

Amir juga mengimbau agar masyarakat tidak panik dan selalu menjaga kesehatan diri untuk menangkal wabah virus corona.

“Yang paling penting tetap tenang dan waspada jaga kesehatan agar terhindar dari virus corona, apabila merasa sakit segera ke pelayanan kesehatan,” ucapnya. (sas/rhn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *