MULAWARMAN NEWS

DPP Lembaga Adat Paser Borneo Kukuhkan 13 DPW

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Adat Paser Borneo (LAPB) melaksanakan pengukuhan 13 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW).

Pengukuhan DPW yang berlangsung di Kelurahan Longkali Kecamatan Longkali, Rabu, (29/12/2021), diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan ungan purun atau acara kebudayaan tepatnya dihari ketiga.

Pengurus LAPB Quao Hardian mengatakan dihari ketiga kegiatan ungan purun diadakan pengukuhan ketua kampong atau DPW.

“Pada hari ini ada dari wilayah Kubar yaitu Bongan, Balikpapan, serta dari Penajam Paser Utara ada Sepaku, Semoi, Sotek, kemudian Muara toyu, muara telake, mendik, longikis, kayungo, kuaro, damit, bekoso, dan riwang,”

Quao Hardian

Sementara itu, Ketua DPP LAPB, Sudirman mengatakan dengan dibentuknya DPW dapat mempersatukan dan lebih mempererat persaudaraan antara etnis.

Namun demikian, lanjutnya, dengan adanya pimpinan wilayah, maka ketika ada permasalahan diantara masyarakat adat bisa terselesaikan dengan cepat dan tidak berkembang.

Baca Juga :

“Tujuannya yaitu untuk mempersatukan dan mempererat persaudaraan antara etnis, dan saya mengangkat bukan hanya dengan masyarakat adat paser tetapi dari semua etnis” jelas Sudirman.

Dia juga berharap ada dukungan pemerintah daerah agar bisa berkerjasama untuk membangun daerah kabupaten Paser serta dapat mensuport kegiatan-kegiatan LAPB untuk melestarikan kebudayaan. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *