MULAWARMAN NEWS

DPRD Paser Minta Pemerintah Serius Kelola Wisata Daerah

Iskandar

M-News.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Paser minta pemerintah serius menggali potensi daerah sehingga mampu menjadi obyek wisata yang dibanggakan.

“Dinas Pariwisata harus mampu menentukan satu dari sekian banyak wisata di Paser untuk dikelola senagai wisata unggulan, seperti wisata pantai,” kata anggota DPRD Paser Iskandar

Menurut anggota DPRD Paser dari Partai Gerindra tersebut, wisata Paser belum signifikan mengundang wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Dia mencontohkan pantai di Desa Pasir Mayang, Kecamatan Kuaro yang belum tergarap maksimal sebagai tujuan wisata daerah.

“Kami sangat yakin, dengan perencanaan yang baik dan di kelola secara profesional, pantai di Pasir Mayang bisa jadi daya tarik wisatawan datang ke Paser,” ujar Iskandar.

Iskandar menambahkan, pemerintah bisa mengsinergikan perencanaan wisatanya dengan perayaan yang melekat pada daerah tersebut.

“Misal dimasyarakat pesisir memiliki perayaan khas seperti tarian daerah, dan perlombaan balap perahu, ini bisa digabungkan,” tambahnya.

Perayaan yang sering dilakukan oleh masyarakat pesisir dengan memberi makan laut atau pantai atau biasa yang disebut ‘Mapandre Tasi’, dinilai bisa menjadi daya tarik.

“Dalam bahasanya orang bajau, orang pesisir menyebut ‘Makan Laut’, atau memberi makan kepada laut. Perayaan itu juga bisa membuat orang ingin tahu dan datang,” imbuh Iskandar. (sas/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *