MULAWARMAN NEWS

DPRD Paser Sahkan 4 Raperda

M-News.id – Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah (DPRD) Kabupaten Paser bersama Pemkab Paser mengesahkan empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Paser, Kamis (15/6/2017)

Sidang paripurna DPRD Paser yang dipimpin Ketua DPRD Paser H Kaharuddin bersama Wakil Ketua I DPRD Hj Ridawati Suryana, Wakil Ketua II DPRD H Abdul Latif Thaha, juga dihadiri oleh anggota DPRD Paser, serta dari unsur eksekutif di hadiri Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi bersama Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah, Sekda Paser H AS Fathur Rahman, Kepala SKPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pimpinan organisasi.

Adapun keempat Raperda yang disahkan yaitu Perda tentang penambahan penyertaan modal pemerintah Kabupaten Paser pada Bank Pembangunan daerah Kalimantan Timur, Perda tentang perubahan atas Peraturan Daerah nomor 15 tahun 2003 tentang pendirian perusahaan Daya Prima Kabupaten Paser,  kemudian Perda tentang retribusi pelayanan kesehatan daerah dan Perda tentang retribusi pelayan tera atau tera ulang.

Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah dalam sambutannya mengatakan, Raperda tentang penambahan penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Paser pada Bank Pembangunan Daerah Kaltim merupakan Perda yang rutin disahkan setiap tahun oleh DPRD Paser.

“Pengesahan ini berdasarkan Undang-Undang nomor 1 tahun 2004 tentang perbendaharaan negara pasal 41 ayat 5 yang menyatakan bahwa penyertaan modal pemerintah daerah pada perusahaan daerah ditetapkan dengan Perda,” kata Wabup.

Selanjutnya, Wabup menambahkan untuk Raperda tentang perubahan atas Perda nomor 15 tahun 2003 tentang pendirian Perusahaan Daerah Daya Prima.

“Pengesahan raperda ini ditujukan untuk mengakomodir proses perekrutan direksi  Perusda Daya Prima yang selama ini di isi pelaksana tugas,” tambah Wabup

Sedangkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, pemerintah mengajukan Raperda tentang retribusi pelayanan kesehatan daerah dan retribusi tera/tera ulang guna memayungi pungutan retribusi daerah.

“Raperda-Raperda yang telah disetujui hari ini akan diajukan kepada pemerintah pusat melalui Gubernur untuk dilakukan evaluasi,” kata Wabup. (*/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *