MULAWARMAN NEWS

Forum CSR Tak Berdaya Hadapi Perusahaan, Pemkab Paser Diminta Serius

Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi didampingi Kepala Bappeda Paser I Putu Suantara dan Ketua Forum CSR Suriyanto saat rapat optimalisasi CSR, Rabu, (9/8/2017)

M-News.id – Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kabupaten Paser kesulitan memantau kewajiban perusahaan yang berjalan tidak sesuai harapan. Banyak perusahaan yang tidak melaporkan CSR yang merupakan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pengembangan masyarakat di sekitar perusahan. Hal tersebut dibenarkan Ketua Forum CSR Kabupaten Paser Suriyanto.

“Sampai saat ini perusahaan yang melaporkan dana kegiatan CSR hanya untuk sektor tambang dari PT KJA bersama sub kontraktornya. Dan untuk perkebunan, tahun 2017 ini hanya beberapa saja perusahaan yang melaporkan,” kata Ketua Forum CSR Paser Suriyanto saat rapat optimalisasi CSR di ruang rapat Sadurengas, Rabu (9/8/2017).

Lebih lanjut Dia menyampaikan, selain dua sektor besar pertambangan dan perkebunan, banyak sektor yang belum sama sekali melaporkan dana kegiatan CSR nya.

“Sampai saat ini belum satupun sektor seperti perhotelan, industri dan lainnya melaporkan CSR nya, bahkan, ada perusahaan yang tidak memiliki program CSR, ini perlu perhatian serius Pemkab Paser,” tambah Suriyanto.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Paser yang juga Sekretaris CSR Paser Putu Suantara menegaskan forum CSR bersama Pemkab Paser akan melakukan pertemuan khusus.

“Kita akan membentuk tim untuk melakukan inspeksi ke perusahaan dan bagi perusahaan yang mengabaikan CSR, akan kita kenakan sangsi,” ujar Putu.

Terkait dengan keluhan masyarakat tentang banyaknya jalan rusak di sejumlah desa, Putu juga berharap ada kepedulian dari perusahaan yang berada dikawasan desa tersebut.

“Mengingat APBD kita yang terbatas sedangkan banyak desa yang membutuhkan perhatian termasuk perbaikan jalan, maka kami berharap peran aktif perusahaan untuk melakukan pembenahan,” imbuhnya. (*/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *