MULAWARMAN NEWS

Gandeng Organisasi Medis, VES Offroad Community Gelar Baksos di Desa Lambakan dan Kepala Telake

Penyerahan bantuan dalam Ekspedisi Tompok

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Kelompok yang tergabung dalam VES (Vitara, Escudo, Sidekick) Offroad Community, Sabtu (13/11/2021) melaksanakan Ekspedisi Tompok dengan tema “Merajut Asah Mengggapai Semesta” ke dua desa terpencil di Kabupaten Paser.

Ekspedisi ini menyasar dua desa yakni Desa Lambakan dan Kepala Telake di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser  yang berbatasan langsung dengan wilayah Kalimantan Tengah.

“Ada pembagian sembako, susu formula, tausiah dan bantuan untuk masjid, pembagian alat tulis dan edukasi anak-anak serta sejumlah permainan edukatif untuk anak-anak,”

Ketua VES Paser, BuDI, Rabu (17/11/2021)

Selain penyaluran bantuan sosial. Dalam baksos ini juga dilakukan pengobatan dan sunatan massal untuk masyarakat yang membutuhkan secara gratis.

“Untuk pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pemeriksaan umum dan juga pemeriksaan oleh dokter spesialis,” ucapnya.

Untuk mendukung baksos ini, lanjut Budi, VES Paser dan Balikpapan memggandeng beberapa organisasi medis terlibat, antara lain IDI Cabang Paser, BSMI Paser dan Balikpapan. Kemudian IBI Paser, dan beberapa organisasi Relawan seperti Alpukat, Relawan SDTQ Anak Sholih dan Yayasan Ryadhusolihin Batu Kajang.

Budi menambahkan, secara normal perjalanan ke arah Desa Tompok  dapat ditempuh dengan 6 jam perjalanan dari daerah Simpang Pait Kecamatan Long Ikis. Namun dengan kondisi medan yang sangat berat, membuat perjalanan menghabiskan waktu 48 jam.

Kapolres Paser mewakli VES Paser menyerahkan bantuan di Desa Lambakan

“Setelah menyeberangi sungai Tiwei, rombongan harus melewati jalan berlumpur dan berlubang di tepi jurang sehingga harus membuat jembatan sendiri dengan memanfaatkan pohon yang ada di hutan,” ucapnya.

Rombonganpun akhirnya baru tiba di Desa Tompok, Senin (15/11/2021) dini hari jam 03.00 Wita setelah perjalanan dimulai hari Sabtu (23/11/2021) sore sekira jam 17.00 Wita dari Desa Lambakan.

“Di Desa Lambakan ini juga kami melakukan pemberian bantuan dan sunatan massal,” terangnya.

Baca Juga :

Selama perjalanan rombongan sempat menginap dan  beberapa kali beristirahat dihutan dalam wilayah Kecamatan Long Kali. Komunikasipun sulit dilakukan karena keterbatasan jaringan sinyal operator seluler.

Turut serta dalam ekspedisi misi kemanusian ke daerah terpencil ini Kapolres Paser AKBP Eko Susanto serta Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Paser Abdul Rasyid.

“Tetapi karena ada tugas lain, Pak Kapolres Paser hanya mencapai Desa Lambakan dan juga berkesempatan menyerahkan bantuan,” ucap Budi.

Sementara, Kepala Desa Kepala Telake Jumadi D, menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat dalam Ekspedisi Tompok ini.

“Atas nama seluruh masyarakat sangat berterima kasih dan sangat terbantu secara medis, bantuan pendidikan dan rumah ibadah,” kata Jumadi.

Dalam kesempatan itu, Jumadi juga berharap Pemerintah Kabupaten Paser melalui instansi terkait dapat segera merealisasikan akses jalan dan jembatan menuju Desa Tompok. (*/rh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *