MULAWARMAN NEWS

Gang Seratai Desa Tepian Batang Terapkan Lockdown Usai 51 Warganya Terpapar Covid-19

Petugas BPBD Paser melakukan penyemprotan disinfektan rumah warga di RT 2 Desa Tepian Batang / Foto : BPBD

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Sebanyak 51 orang warga RT 2 Gang Seratai Jalan Kusuma Bangsa, Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser terkonfirmasi positif Covid-19.

Untuk menghindari meluasnya penyebaran Covid-19, Satgas Covid-19 Kabupaten Paser menetapkan untuk menerapkan isolasi wilayah atau lockdown di wilayah tersebut.

“Ini harus mendapatkan penanganan yang cepat agar penyebaran Covid-19 tidak meluas,”

Bupati Paser dr Fahmi Fadli, Senin (12/7/2021)

Fahmi yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Paser saat pemberian bantuan sosial kepada warga Gang Seratai mengatakan penyebaran Covid-19 masih terus meningkat di Kabupaten Paser.

“Ini menunjukkan bahwa Covid-19 benar-benar ada dan kami mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” ucapnya.

Bupati juga menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Paser Amir Faisol agar mengintensifkan 3T yakni Testing, Tracing, dan Treatment untuk mencegah penyebaran yang lebih luas.

Baca Juga :

Selain itu, Bupati juga memerintahkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Paser untuk dapat menyiapkan bantuan sosial untuk meringankan beban warga yang sedang menjalani isolasi mandiri dirumah.

“Kami juga berharap bantuan TNI Polri bersama Satpol PP dan BPBD untuk melakukan pengawasan agar warga yang terpapar tidak dulu melakukan mobilitas,” kata Bupati.

Sementara, Kadinkes Paser Amir Faisol mengatakan, ada 51 warga RT 02 Gang Seratai yang terkonfirmasi reaktif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri karena tidak memiliki gejala serta satu warga yang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Panglima Sebaya.

Ditambahkan Amir, warga yang sedang menjalani karantina mandiri tersebut, akan diberikan bantuan vitamin untuk meningkatkan imun tubuhnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Fahmi didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Dinsos, Camat Tanah Grogot, perwakilan IDI Paser menyerahkan bantuan sosial paket sembako bagi warga RT.02 Desa Tepian Batang. (dar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *