MULAWARMAN NEWS

Gawat! Puluhan Pelajar Sekolah Menengah Paser Positif Narkoba

M-News.id – Pengaruh narkoba di Paser semakin membuat masyarakat resah. Bukan hanya kalangan orang dewasa saja yang menjadi pecandu, bahkan saat ini pelajar di Paser sudah banyak yang terjerumus menggunakan barang haram tersebut.

Wakil Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Paser Ahmad Tonangi menyampaikan, dari pemeriksaan mendadak yang dilakukan BNK ke sejumlah sekolah di Paser, sudah 22 pelajar yang terpapar positif menggunakan narkoba.

“Jumlahnya tak sedikit, setidaknya dari pemeriksaan di temukan hasil positif di SMK di Tanah Grogot ada 1 orang, SMA di Paser Belengkong 2 orang, SMA di Batu Sopang ada 9 orang, dan di Muara Komam 10 orang,” kata Wakil Ketua BNK Paser Ahmad Tonangi.

Menurut Tonangi, pihaknya tidak melakukan tindakan represif tetapi lebih mengedepankan upaya edukatif kepada para pelajar tersebut.

“Kita akan lakukan pembinaan dulu, kita suruh juga menandatangani surat pernyataan tidak mengulangi dan tidak mendekati narkoba lagi,” ujar Tonangi.

Tetapi, lanjut Tonangi, jika pelajar yang terindikasi positif narkoba tetap menggunakan barang haram tersebut, maka pihaknya mengupayakan rehabilitasi.

“Jika masih candu dan terus makai (narkoba), kita akan rehabilitasi mereka,” ungkapnya.

Pria yang juga menjabat Kasatresnarkoba Polres Paser itu juga mengingatkan bahwa pembinaan dari pihak sekolah dan orang tua juga sangat penting.

“Saya rasa, selain polisi dan BNK, pengawasan juga harus menjadi peran aktif Kepala Sekolah, guru, orang tua dan keluarga, sehingga kegiatan yang dilakukan pelajar teraebut dapat terpantau,” ujarnya.

Saat ini Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Paser berupaya menekan peredaran narkoba di kalangan remaja di daerah itu dengan berbagai macam kegiatan seperti sosialisasi bahaya narkoba, penyuluhan ke sekolah-sekolah, hingga pemeriksaan tes urine. (sas/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *