MULAWARMAN NEWS

Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2019, Kapolres Paser Ingatkan 12 Potensi Kerawanan

MNEWSKALTIM.COM – Polres Paser menghelat apel gelar pasukan Operasi Lilin Mahakam 2019 yang dipimpin Kapolres Paser AKBP Murwoto, Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Czi Widya Wijanarko dan Staf Ahli Bupati Paser Bidang Hukum Muslih di halaman Kantor Bupati Paser, Kamis (19/12/2019).

Sekitar 300 personel gabungan hadir dalam apel yang digelar dalam rangka pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Kabupaten Paser tersebut.

Kapolres Paser AKBP Murwoto saat membacakan amanat Kapolri mengingatkan dalam Operasi Lilin Mahakam 2019 ini ada 12 potensi kerawanan yang harus waspadai. 

“Aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas serta kenaikan sembako yang menjadi potensi yang harus dilakukan antisipasi,” sebut Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menyebut dalam apel yang dilaksanakan serentak di seluruh institusi kepolisian ini memfokuskan pengamanan pada 610.308 obyek di seluruh Indonesia.

“Ada sekitar 610.308 yang menjadi titik obyek pengamanan di seluruh indonesia, seperti gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaaan, objek perayaan tahun baru, terminal, dan pelabuhan,” ucapnya.

Operasi Lilin Mahakam yang akan digelar selama 10 hari, mulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 ini akan mengedepankan tindakan preventif dan preemtif.

“Seluruh Kasatwil harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait, untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik masing-masing daerah,” tuturnya.

Selain itu, dalam gelar apel terlihat sejumlah kendaraan taktis milik Polres Paser, seperti baracuda, mobil barikade, water canon, perahu karet milik Polisi Air, serta sejumlah truk dan sepeda motor milik TNI dan Polri. (*/rhn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *