MULAWARMAN NEWS

Gerak Cepat, DKISP Bentuk Kelompok Informasi Masyarakat

Sosialisasi KIM di Desa Janju yang di hadiri Kepala Desa Janju, Selasa (14/3/2017).

(M-News.id) – Gerak cepat dilakukan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser guna mensosialisasikan serta membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Dasar hukum pembentukan KIM yakni Peraturan Menteri Kominfo Nomor 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial.

Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik pada DKISP Paser Muhammadi Sattu mengatakan sosialisasi dilakukan sejak tanggal 14 – 15 Maret 2017 menyasar 4 lokasi di wilayah Kabupaten Paser.

“Kemarin kami sdh kunjungi 2 desa yaitu Desa Janju Kecamatan Tanah Grogot, Desa Klempang Sari Kecamatan Kuaro, dan hari ini ada 2 kelurahan yaitu Kelurahan Long Ikis dan Kelurahan Long Kali,” kata M. Sattu saat di konfirmasi M-News.id.

Menurut M. Sattu, keberadaan KIM di masyarakat desa sangat penting sebagai alat mempercepat penyebarluasan informasi.

“Lembaga ini dibentuk dan dikelola sendiri oleh masyarakat guna mengolah isu-isu pembangunan sesuai dengan kebutuhannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dia menuturkan, KIM dibentuk untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan serta keterampilan masyarakat agar berperan aktif dalam penyelenggaraan pembangunan.

“KIM sebagai mitra pemerintah dan forum media, tentunya akan bantu bagaimana cara peliputan dan penulisan berita, selain itu diharapkan bisa membantu DKISP mensosialisasikan atau menyebarluaskan informasi pembangunan ke masyarakat”, tuturnya.

Ketika ditanya terkait anggaran KIM di desa, Dia mengungkapkan, pengurus KIM nanti dapat menggali dana dari berbagai sumber.

“Sumber dananya bisa dari sumbangan anggota, bantuan pemerintah, kegiatan usaha produktif, atau sumbangan lain yang tidak mengikat,” imbuhnya. (rih/sas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *