MULAWARMAN NEWS

Hari Ini, Sejumlah KPU Mulai Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara

Suasana Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilgub Kaltim 2018 di Kabupaten Kutai Timur, Rabu (4/6/2018)

M-NEWS.ID, SAMARINDA – Sejumlah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur sudah mulai melaksanakan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018 pada, Rabu (4/6/2018).

“KPU Paser, Kutai Timur, Penajam Paser Utara dan Kota Balikpapan mulai melaksanakan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pada hari ini 4 Juli 2018, sedangkan Mahakam Ulu, Berau, Kutai Barat, Kota Samarinda, Bontang pada tanggal 5 Juli 2018, kemudian Kabupaten Kutai Kartanegara pada tanggal 6 Juli 2018” kata Komisioner KPU Kaltim Divisi Teknik dan Penyelenggaraan Pemilu Rudiansyah SE.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara, dan Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2018 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018, maka tahapan, program dan jadwal rekapitulasi dimulai tanggal 28 Juli sampai 4 Juli di tingkat PPK Kecamatan, dan 4 sampai 6 Juli 2018 di tingkat KPU Kabupaten / Kota dan tingkat KPU Provinsi pada tanggal 7 sampai 9 Juli 2018.

Dia menjelaskan, rekapitulasi KPU di tingkat Kabupaten/ Kota akan menuangkan seluruh hasil rekapitulasi setiap PPK Kecamatan di masing-masing wilayah meliputi jumlah daftar pemilih, jumlah pengguna hak pilih, jumlah pemilih pindahan, jumlah pemilih tambahan.

“KPU Kabupaten/Kota merekap jumlah surat suara yang diterima, jumlah surat suara yang digunakan, jumlah surat suara rusak/keliru coblos, dilanjutkan dengan merekap jumlah suara sah dan suara tidak sah, serta perolehan suara setiap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2018,” jelasnya.

Berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan oleh KPU Provinsi Kalimantan Timur, lanjut Dia, sebagian besar proses yang dilaksanakan hari ini berjalan dengan lancar sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.

“Monitoring kami pada pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di Kabupaten Kutai Timur yang lengkap dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Kutai Timur, Ketua dan Anggota Panwas Kabupaten, Ketua dan Anggota PPK seluruh Kabupaten Kutai Timur dan seluruh saksi pasangan calon,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pleno rekapitulasi yang dimulai pukul 09.00 sampai 14.50 Wita di Hotel Royal Victoria Sangatta berjalan lancar dengan dikawal langsung jajaran Polres Kutai Timur.

“Penyampaian hasil rekap diawali PPK Batu Ampar kemudian diakhiri penyampaian PPK Karangan dan hasil rekapitulasi hari ini akan langsung diantarkan kepada KPU Provinsi Kalimantan Timur,” katanya.

Dia menambahkan, rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Provinsi Kalimantan Timur akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2018 dengan mengundang Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur, seluruh Saksi Pasangan Calon, dan pihak-pihak terkait.

“Hasil Rekapitulasi di tingkat Kabupaten/Kota yang akan menjadi dasar resmi kami untuk kemudian menetapkan perolehan suara setiap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur pada Pilgub tahun 2018,” tambahnya.

Dia juga berharap, semua proses rekapitulasi di Kabupaten Kota lainnya dapat berjalan dengan lancar dan prosedural, sehingga KPU Kabupaten Kota dapat langsung mengirimkan hasilnya kepada KPU Provinsi Kalimantan Timur.

“Seluruh dokumen dari Kabupaten/Kota akan dimasukkan dalam kotak suara yang terkunci dan tersegel, dan kami minta kepada masyarakat Kaltim agar bersabar menunggu proses ini berjalan,”ujarnya.

Diakhir kesempatan, Dia menyampaikan bahwa KPU Kaltim juga selalu berkomitmen mengawal hasil ini sesuai dengan tahapan dan jadwal yang resmi, dan pihaknya berterimakasih kepada seluruh pihak, khususnya Polri dan TNI,  Bawaslu dan Panwaslu, serta para pasangan calon yang dapat mampu menciptakan suasana dan kondisi yang hingga saat ini kita masih aman dan damai, semoga suasana ini terjaga hingga akhir tahapan. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *