MULAWARMAN NEWS

Hati-Hati, Mulai Besok Buang Sampah Sembarangan bisa Ditindak

M-NEWS.ID, TANA PASER – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Paser bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Paser akan melakukan penegakan hukum Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Persampahan mulai tanggal 24 Agustus – 24 September 2019.

“Sebagai upaya menciptakan kebersihan dan keindahan kota Tana Paser, pemenrintah daerah telah menerbitkan Peraturan Daerah nomor 8 tahun 2011 tentang Pengelolaan Persampahan,” kata Kepala DLH Paser Abdul Basyid melalui suratnya tertanggal 13 Agustus 2019.

Lebih lanjut, surat yang diterima redaksi M-News.id juga mengungkapkan hasil pemantauan pihaknya terhadap aktivitas pembuangan sampah oleh masyarakat.

“Kalau kita lihat memang masih ada oknum masyarakat yang membuang sampah tidak sesuai aturan,” ungkapnya.

Dengan kondisi seperti itu, Dia menyampaikan bahwa pihak nya telah bekerjasama dengan Satpol PP untuk kegiatan penegakan hukumnya.

“DLH dan Satpol PP akan melakukan kegiatan penegakan Perda baik itu melalui pembinaan atau pengawasan TPS di sekitar Kota Tana Paser,” terangnya.

Untuk itu, pihak nya juga telah menyampaikan informasi penegakan pengelolaan persampahan ini kepada masyarakat melalui perangkat pemerintahan kecamatan dan desa.

“DLH dalam suratnya telah menyampaikan kepada Camat Tanah Grogot, Lurah Tanah Grogot, Kepala Desa Tapis, Jone dan Senaken untuk memberitahukan ke masyarakat melalui Ketua RT/RW untuk bersama-sama, mentaati aturan persampahan yang ada,” jelasnya.

Untuk diketahui dalam Perda nomor 8 Tahun 2019 ada 3 ketentuan yang harus di taati oleh masyarakat, yaitu wajib membuang sampah di dalam bak TPS, wajib membuang sampah pada jam 18.00 – 06.00 Wita dan tidak membuang sampah nonton rumah tangga di dalam bakal sampah.

Selain itu juga di sampaikan sanksi pelanggaran berupa hukuman penjara paling lama 3 bulan dan denda paling banyak Rp 5.000.000.(rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *