MULAWARMAN NEWS

Hindari Penyelewengan Dana Desa, Kejari Paser Sosialisasikan TP4D ke 139 Kades

Sosialisasi TP4D Kejari Paser kepada 139 Kades se Paser, Kamis (24/8/2017)

M-News.id – Besarnya potensi penyelewangan Dana Desa, Kejaksaan Negeri (Kejari) Paser menggelar Sosialisasi Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan Dan Pembangunan Daerah (TP4D) yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kyriad Sadurengas Hotel, Kamis (24/8/2017).

Sosialisasi yang juga dilaksanakan serentak se Indonesia ini juga bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang dihadiri Inspektorat, Camat serta Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Paser.

Kepala Kejari Paser Setiawan Budi mengatakan dalam undang-undang Kejaksaan memang memiliki tugas dibidang penuntutan pidana umum dan pidana korupsi serta sebagai penyidik tindak pidana korupsi, tetapi saat ini tugas kejaksaan bertambah yaitu sebagai TP4D.

“Dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2015 dan ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Jaksa Agung tentang pembentukan TP4D, tugas kejaksaan juga mengawal, mengamankan proyek-proyek strategis nasional, termasuk penyaluran dana desa,” kata Kepala Kejari Setiawan Budi.

Setiawan Budi juga menambahkan, bila dana desa digunakan dengan baik dan sesuai dengan arahan, maka tujuan terciptanya pemerintahan yang baik serta kesejahteraan masyarakat bisa terwujud.

“Kita ingin mengetuk hati nurani hati para kades yang merupakan pemimpin pilihan rakyat dan sudah dipercaya rakyat, agar mampu mengelola dana desa dengan baik guna mewujudkan pemerintahan desa yang bersih” ujarnya.

Lebih lanjut, Setiawan juga mengungkapkan bahwa pendampingan yang dilakukan kejaksaan, agar kades atau aparatur desa tidak ada keragu-raguan dalam pelaksanaan penggunaan dana desa.

“Dengan pendampingan ini kami harap bisa memberikan legal opinion agar Kades tidak ragu ragu atau ketakutan lagi dalam mengambil keputusan penggunaan dana desa sehingga dapat berjalan sebagaimana mestinya ,” ungkap Kajari.

Ketika ditanya terkait ruangan konsultasi TP4D, Setiawan Budi mengatakan pihaknya akan menyiapkan ruang khusus di Kejari Paser.

“Kami akan menyiapkan ruang khusus yang bisa dipergunakan bagi pihak-pihak yang ingin berkonsultasi, dan untuk saat ini, sementara kami akan pergunakan aula Kejari,” ujarnya.

Sementara itu Kepala DPMD Katsul mengatakan kegiatan sosialisasi yang dihadiri kades se Paser ini mampu memberi pemahaman apa yang dilakukan kejaksaan dalam mengawal penggunaan dana desa.

“Untuk kegiatan sosialisasi ini, tentu menitikberatkan pada pengawalan dan pengamanan dana desa agar dapat dilaksanakan sesuai ketentuan,” ujar Katsul.

Dia juga menambahkan para Kades tak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan kejaksaan ketika akan menggunakan dana desa.

Untuk diketahui, TP4D memiliki tugas dan fungsi untuk mengawal mengamankan dan mendukung keberhasilan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan preventif dan persuasif dilingkungan instansi pemerintah, sehingga pengelolaan keuangan bisa lebih tertib. (sas/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *