MULAWARMAN NEWS

HUT ke-72 RI, 167 Napi Rutan Tanah Grogot Terima Remisi Kemerdekaan

Bupati Paser saat menyerahkan secara simbolis remisi kepada narapidana di Rutan Tanah Grogot, Rabu (16/8/2017)

M-News.id – Sebanyak 167 narapidana dan anak pidana mendapat remisi di hari kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia (RI). Upacara pemberian remisi yang berlangsung di halaman Rutan Tahanan Negara  (Rutan ) Kelas II B Tanah Grogot, Rabu (16/8/2017).

“Jumlah remisi umum yang diberikan kepada narapidana pidana diperingatan kemerdekaan RI tahun ini sebanyak 167 narapidana, sedangkan 5 di antaranya akan langsung bebas,” kata Kepala Rutan Tanah Grogot Husni Tamrin.

Ia juga menyampaikan bahwa kepada narapidana yang memperoleh kebebasan akan diberikan bantuan berupa dana transportasi.

“Besaran bantuan tergantung jarak yang akan ditempuh oleh narapidana menuju kampung halamannya,” ujar Husni.

Sementara itu Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI mengatakan pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat memaknai peringatan Kemerdekaaan Republik Indonesia ini dengan sungguh-sungguh dan penuh penghayatan.

“Tanamkan empati dan posisikan diri kita seakan-akan kita ikut memperjuangkan kemerdekaan dan peperangan,” tuturnya.

Selain itu orang nomor satu di Kabupaten Paser ini juga menjelaskan, tugas dan peran strategis Kemenkumham dalam mengisi pembangunan di republik ini tidaklah ringan.

“Jika dilaksanakan dan dikerjakan bergotong royong, bertanggungjawab, secara tulus dan ikhlas bekerja dan bekerja sesuai profesionalisme masing-masing, maka semua tugas tidak akan berat,” katanya.

Mari kita tumbuhkan rasa memiliki terhadap Indonesia, menjaga kesaktian Pancasila, menjalankan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan merawat sinergitas dalam Bhineka Tunggal Ika.

Upacara pemberian remisi hari kemerdekaan dipimpin oleh Bupati Yusriansyah Syarkawi dan dihadiri DPRD Paser Kaharuddin, dan unsur pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Paser ini, dilangsungkan juga penyerahan secara simbolis kepada dua orang narapidana yang menerima remisi umum. (*/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *