MULAWARMAN NEWS

Jaringan Pipa Distribusi Air Bersih Desa Biu-Suweto Diresmikan

MNEWSKALTIM.COM, MUARA SAMU – Penyediaan air bersih di desa-desa sudah mulai dirasakan masyarakat, seperti telah terealisasinya jaringan pipa distribusi Desa Biu – Suweto Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser.

Pemasangan pipa distribusi ini secara langsung diresmikan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, Selasa (21/12/2021). Turut hadir Dewan Pengawas Perumda Tirta Kandilo Ina Rosana, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Hasanuddin, dan Kepala Desa Suweto.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan mengatakan kehadiran pipa distribusi tersebut merupakan upaya pemerintah menghadirkan air bersih yang sehat hingga daerah pelosok.

“Dengan pemenuhan kebutuhan air bersih, maka dapat terwujud pula peningkatan kesehatan di masyarakat,”

Bupati dr Fahmi Fadli

Bupati menjelaskan program pipanisasi ini akan terus dilakukan secara bertahap untuk wilayah yang belum tersentuh layanan air bersih.

“Tentunya ini butuh proses yang panjang, namun dengan kehadiran kami bisa melihat langsung kondisi di desa dan apa yang menjadi permintaan kepala desa akan kami catat,” ujarnya.

Fahmi juga menyoroti mahalnya biaya pemasangan sambungan air sebesar Rp 2.6 juta. Untuk itu Dia meminta PDAM Tirta Kandilo bisa memasilitasi agar masyarakat tidak terbebani.

“Bisa saja nanti masyarakat tetap membayar tetapi mekanismenya pembayarannya diangsur atau kredit,” tuturnya.

Baca Juga :

Dia berharap pemasangan sambungan air bersih bisa segera terealisasi sehingga cakupan pelayanan air bersih di Paser dapat meningkat.

“Semoga pemasangan Kilometer segera terealisasi dan perusahaan air minum dapat menjaga kulitas air sehingga dapat memenuhi persyaratan untuk diminum masyarakat,” kata Fahmi. (sas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *