MULAWARMAN NEWS

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Paser Antisipasi Politik Uang

M-NEWS.ID, TANA PASER – Menjelang dimulainya tahapan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Paser tahun 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Paser akan mengantisipasi politik uang atau money politic.

Hal tersebut dikemukakan Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Fauzan, S.Sos. saat Sosialisasi Hasil Pengawasan Pemilu 2019 dan Persiapan Pengawasan Pemilihan 2020 dengan tema “Tolak Money Politic” di Ruang Aula Pendopo Kabupaten Paser, Rabu (6/11/2019).

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Fauzan, S.Sos. mengatakan persoalan politik uang kerap terjadi saat Pemilu berlangsung.

“Sebagai pengawas pemilu akan selalu berkreatifitas dalam mengawasi modus-modus yang disampaikan atau yang dilakukan oleh kandidat atau pasangan calon pemilihan nanti,” kata Fauzan.

Dia menyebut, berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, praktik politik uang biasanya dilakukan menggunakan berbagai cara.

“Modus-modusnya seperti bakti sosial, membagikan sembako gratis, membantu biaya pembangunan infrastruktur dan membagikan hadiah atau door prize melalui even, membagikan beasiswa serta menyumbang ke lembaga keagamaan, usaha tani dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Bawaslu Paser kedepan juga akan lebih meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan yang berpotensi mengarah ke politik uang.

“Fokus pengawasan adalah mengawasi kegiatan yang sifatnya mengundang pemilih, atau kegiatan yang melibatkan banyak orang,” jelasnya. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *