MULAWARMAN NEWS

Kabupaten Paser Raih Penghargaan Pembina ProKlim Kementerian LHK RI

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Pemerintah Kabupaten Paser menerima penghargaan sebagai Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) terbaik tahun 2021 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar kepada Sekretaris Daerah Paser Katsul Wijaya didampingi Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Abdul Basyid dalam Acara Puncak Festival Iklim Tahun h2021 yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (19/10/2021).

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan bahwa program kampung iklim yang telah berjalan di sejumlah wilayah memiliki kontribusi besar dalam penurunan emisi gas rumah kaca dan ketahanan iklim.

“Komitmen ini dilakukan dengan menahan laju kenaikan suhu bumi melalui proklim sebagai upaya pengendalian iklim dengan basis masyarakat,”

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar

Program mitigasi dan adaptasi melalui ProKlim harus dilakukan secara menyeluruh dari pusat hingga daerah dan seluruh pihak harus mengambil peran aktif dalam implementasi ini.

“Ini langkah strategis untuk membangun kolaborasi berbagai pihak atau multi pihak dalam upaya pengendalian sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Sekretaris Daerah Paser Katsul Wijaya menyampaikan penghargaan yang dicapai sebagai Pembina ProKlim merupakan kesuksesan pemerintah daerah dalam pembinaan kampung iklim di Paser.

“Semoga penghargaan ini lebih memotivasi Dinas Lingkungan Hidup Paser dalam membina kampung iklim,” ucapnya.

Dia juga berharap, DLH dapat membangun sinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lain agar meningkatkan kemampuan dalam menjaga kelestarian iklim di desanya.

“Semoga 10 kampung iklim yang telah sebelumnya mendapatkan penghargaan, kedepan dapat meningkat masuk menjadi kategori ProKlim lestari,” harapnya.

Baca Juga :

Untuk diketahui, Kampung Iklim di Kabupaten Paser yang telah teregistrasi dalam Sistem Registrasi Nasional Kementerian Lingkungan Hidup sejak 2018 yaitu :

  1. Desa Klempang Sari, Kec. Kuaro (Madya)
  2. Desa Damit Kec. Pasir Belengkong (Pratama)
  3. Desa Padang Pengrapat, Kec. Tanah Grogot (Utama)
  4. Desa Sei Terik, Kec. Batu Sopang (Madya)
  5. Desa Petangis, Kec. Batu Engau (Pratama)
  6. Desa Padang Jaya, Kec. Kuaro (Madya)
  7. Desa Modang, Kec. Kuaro (Madya)
  8. Desa Kendarom, Kec. Kuaro (Madya)
  9. Desa Sebakung Makmur, Kec. Longkali (Madya)
  10. Desa Sebakung Taka, Kec. Longkali (Madya)

Pada umumnya kampung iklim di Paser menonjol di sektor ketahanan pangan, konservasi tutupan lahan dan air serta dukungan kapasitas kelembagaan masyarakat desa yang mendukung adaptasi dan mitigasi perubahan lingkungan. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *