MULAWARMAN NEWS

Kado HUT Paser, Bupati Terima Penghargaan Kepala Daerah Peduli HAM

M-NEWS.ID, TANA PASER – Menjelang puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Paser mendapatkan kado istimewa dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly kepada Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Bupati Paser menerima penghargaan sebagai kepala daerah yang peduli terhadap Hak Asasi Manusia (HAM) dalam rangka peringatan Hari HAM sedunia ke-70.

Acara ini juga dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia HM. Jusuf Kalla serta Kabag Hukum pada Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser Andi Aziz dan Kasubag Bantuan Hukum Veronica. Selain Paser, ada dua daerah lainnya di Kaltim yang mendapat penghargaan serupa yakni Kabupaten Berau dan Kota Balikpapan.

Menteri Hukum dan Ham Yasonna Laoly dalam sambutannya mengatakan, kepala daerah yang mendapat penghargaan merupakan kepala daerah yang berkomitmen memenuhi hak dasar masyarakat.

“Terutama pemenuhan hak dasar di bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan,” kata Yasonna.

Program kabupaten kota peduli HAM lanjutnya adalah untuk memotivasi dan mendorong pemenuhan hak-hak dasar masyarakat oleh pemerintah daerah.

“Peduli HAM adalah upaya Pemkab dan Pemkot untuk meningkatkan peran dan tanggungjawabnya dalam penghormatan, perlindungan dan pemenuhan dan kemajuan Hak Asasi Manusia,” ujarnya.

Sedangkan Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi mengatakan tahun 2018 adalah kali kedua bagi Pemkab Paser meraih penghargaan dari Kemenkumham.

“Tahun lalu kita dapat penghargaan kategori ‘cukup peduli’ Ham, tahun ini kategori ‘peduli Ham’. Ini upaya kita untuk memenuhi kebutuhan hak asasi manusia, kebutuhan dasar seperti Pendidikan dan kesehatan,” kata Yusriansyah.

Yusriansyah menambahkan, penghargaan yang telah diterimanya ini merupakan kerja keras semua pihak, semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang programnya saling bersinergi satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten Paser.

“Ini kerja keras kita semua, karena saling bersinergi satu sama lain untuk pemenuhan hak asasi manusia,” kata Yusriansyah.

Dia berharap penghargaan ini dapat dipertahankan dan menjadi pemicu bagi Pemkab Paser dalam meningkatkan pelayanan dan kebutuhan dasar masyarakat.

“Kedepan kita lebih bekerja keras, tingkatkan pelayanan dasar masyarakat. Karena kita sangat fokus terhadap pelayanan dasar seperti Pendidikan dan kesehatan,” tuturnya. (dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *