MULAWARMAN NEWS

Kado Lebaran Pemerintah, Tarif Retribusi Sampah Naik 40%

Ilustrasi

M-News.id – Lebaran tahun ini pemerintah memberikan kado untuk masyarakat Paser berupa kenaikan tarif retribusi sampah sebesar 40% mulai awal bulan Juli depan.

Edaran yang dikeluarkan Badan Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser dan ditandatangani Plt Kepala DLH Ir. H. Karoding. P, M.Si menyatakan kenaikan tarif ini berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 15 tahun 2013 tentang retribusi pelayanan persampahan/kebersihan pasal 8 ayat (2) huruf a dan g mengenai perubahan tarif retribusi pelayanan persampahan/kebersihan.

Selain itu berdasarkan Peraturan Bupati Paser Nomor 30 tahun 2016 tentang perubahan tarif retribusi pelayanan. Terhitung sejak 1 Juli 2017 ada penyesuain struktur dan besaran tarif pelayanan persampahan untuk golongan rumah tangga dan tempat hiburan.

Perubahan untuk golongan rumah tangga dari yang semula Rp 3.000 per bulan mengalami kenaikan menjadi Rp 5.000 per bulan, sedangkan golongan tempat hiburan dari yang semula Rp 150.000 naik menjadi Rp 200.000 per bulan.

Salah seorang masyarakat Hasan menilai kenaikan tarif retribusi memberatkan karena bertepatan dengan meningkatkan beban pengeluaran karena kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) dan pengeluaran untuk lebaran.

“Walaupun naiknnya hanya Rp 2.000 untuk rumah tangga, tapi kemarin listrik baru aja naik, belum lagi ditengah suasana lebaran seperti ini,” ungkapnya.

Hasan pun berharap kenaikan tarif retribusi sampah sebanding dengan pelayanan persampahan, termasuk penyediaan bak sampah yang dinilai kurang dan jarak antar bak sampah yang berjauhan.

“Kadang di satu jalan cuma ada satu bak sampah, jadi kami agak jauh kami untuk buang sampah,” tambahnya. (boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *