MULAWARMAN NEWS

Kaleidoskop Polres Paser 2017, Trend Tindak Pidana Menurun

Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra SIK bersama jajarannya saat Press Release akhir tahun di Mapolres Paser, Rabu (27/12/2017)

M-News.id – Dalam kurun selama setahun terakhir, jajaran Polres Paser berhasil mengungkap sebanyak 286 perkara dalam berbagai kasus mulai dari pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas), penganiayaan, serta narkoba.

“Sebanyak 187 kasus sudah selesai, dan kasus yang menonjol sepanjang tahun 2017 antara lain kasus narkoba 67 kasus, curanmor 62 kasus, curbis 31 kasus,” ungkap Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra SIK saat Press Release di Mapolres Paser, Rabu (27/12/2017).

Selain telah mengamankan ratusan tersangka, lanjut Dia, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, diantaranya uang tunai sebesar Rp 30 juta, narkoba jenis shabu, parang dan pisau sebanyak 7 buah, serta 9 unit sepeda motor.

“Biasanya waktu rawan kejadian tindak pidana terjadi pada hari sabtu, senin dan selasa sekitar jam 20.00-22.00 Wita,” ujarnya.

Disinggung terkait penyebab tingginya tindak pidana di Paser, menurut Dia masih didominasi lantaran dipicu faktor ekonomi.

“Faktor ekonomi juga pe­micu tindak pidana sehingga tindak pidana juga tinggi,” katanya.

Secara umum, tambah Kapolres, trend tindak pidana di wilayah hukum Polres Paser mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

“Tahun 2016 ada sekitar 408 kasus kasus krimininalitas dan di tahun 2017 ini hanya ada sekitar 286 kasus,” tambahnya.

Dia juga berharap di tahun 2018 situasi kamtibmas di Kabupaten Paser tetap kondusif dan polisi selalu dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Kita berharap kepada masyarakat untuk bisa berperan aktif dan bekerjasama menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Paser,” imbuhnya. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *