MULAWARMAN NEWS

Karantina ODP, Pemkab Paser Siapkan Eks Rumdin

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Paser akan menyiapkan eks Rumah Dinas di Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot sebagai tempat karantina Orang Dalam Pantauan (ODP).

Rumah dinas yang telah diserahterimakan dari Kejaksaan Negeri Paser ke Pemkab Paser pada (12/3/2020) lalu ini atas kasus pemanfaatan aset daerah yang dinilai tidak sesuai peruntukannya bisa digunakan untuk kapasitas 45 orang.

Juru bicara gugus tugas Covid-19 Kabupaten Paser, Amir Faisol mengatakan karantina kesehatan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang beresiko.

“Ada 15 eks rumah dinas yang akan dipakai untuk mengkarantina para ODP dengan status beresiko, dan tidak disiplin menjalankan isolasi mandiri di rumah.” kata Amir Faisol.

Selanjutnya, Amir menjelaskan Dinas Kesehatan dibantu dengan puskesmas di wilayah masing-masing akan mendata ODP yang akan dikarantina.

Dalam masa karantina, lanjut Amir, nantinya setiap rumah akan ada satu petugas perawat dan dua keamanan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang dibagi dalam 3 shift kerja.

“Akan ada perawat untuk melakukan pemeriksaan secara medis dan ada Satpol PP untuk menjaga agar ODP tidak keluar lokasi karantina,” ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya saat meninjau lokasi karantina menyampaikan bahwa pihaknya menyediakan 15 unit perumahan eks. Rumah dinas yang diperuntukkan bagi warga Kabupaten Paser yang ditetapkan sebagai ODP Virus Corona atau Covid-19.

Tidak hanya rumah saja, namun berbagai fasilitas penunjang lain pun akan disiapkan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Paser melalui Gugus Tugas Covid-19.

“Semua kami sediakan, termasuk fasilitas didalam rumah seperti tempat tidur, makanan, dan perawat medis, termasuk menyediakan armada khusus untuk mengantarkan perawat dan makanan bagi ODP,” ucapnya. (adv/dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *