MULAWARMAN NEWS

Kejari Paser Berhasil Kembalikan Miliaran Rupiah Aset Daerah

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Kejaksaan Negeri (Kejari) Paser berhasil mengembalikan aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser berupa sejumlah uang, kendaraan, tanah dan bangunan yang selama ini dikuasai oleh pihak-pihak yang tidak berhak.

Aset daerah senilai miliaran rupiah.tersebut terdiri dari 18 unit kendaraan roda empat, 1 unit rumah jabatan satu dan uang tunai senilai Rp 1,8 miliar lebih.

Penyerahan aset yang dikuasai tidak sesuai peruntukannya itu diserahkan langsung oleh Kepala Kejari Paser M Syarif kepada Sekretaris Daerah Paser Katsul Wijaya dan disaksikan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim Chaerul Amir, di Kantor Kejari Paser, Kamis (12/3/2020).

Kepala Kejati Kaltim Chaerul Amir mengatakan kegiatan penyerahan bagian dari program dari kejaksaan untuk ikut berperan dan memberikan kontribusi pada penyelamatan aset daerah.

“Ini program dari Kejati Kaltim dalam menyelamatkan aset-aset yang memang belum dikuasai pemkab, atau dikuasai oleh pihak ketiga,” kata Chaerul.

Chaerul menerangkan penulusuran yang dilakukan tim Kejari Paser menemukan aset Pemkab Paser memang tercatat sebagai aset daerah.

“Memang itu aset Pemkab Paser, jadi orang yang menguasai tidak punya alasan sehingga harus di serahkan pada Pemkab Paser,” tutupnya.

Sekretaris Daerah Katsul Wijaya mengatakan aset-aset daerah yang telah dikembalikan oleh Kejari Paser kepada Pemkab akan segera dimanfaatkan sesuai kebutuhan kebutuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Uang senilai Rp 1,8 miliar sudah disetorkan ke bank, sedangkan kendaraan roda empat, dan rumah dapat dimanfaatkan oleh OPD yang membutuhkannya,’’ kata Sekda Katsul Wijaya.

Katsul menerangkan, aset tersebut sebelumnya di gunakan untuk menunjang aktivitas jabatannya, tetapi pasca purna tugas  aset tersebut tidak turut serta dikembalikan kepemilikannya.

 “Contoh saja ketika sudah ada yang pensiun masih dibawa. Selanjutnya, nanti bagi kendaraan yang tidak dibutuhkan oleh Pemkab Paser akan dilakukan pelelangan,” terangnya. (rhn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *