MULAWARMAN NEWS

Kembangkan Sektor Pariwisata Paser, Wabup Kunjungi Disparekraf DKI Jakarta

MNEWSKALTIM.COM, JAKARTA – Upaya untuk mengembangkan potensi pariwisata di wilayah paling selatan di Kalimantan Timur terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser. Salah satunya dengan mengunjungi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Senin (22/11/2021).

Dalam kunjungan itu, Wakil Bupati Paser Syarifah Masitah Assegaf didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disparpora) Muksin, diterima Sekretaris Disparekraf DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya di Gedung A Pariwisata dan Kreatif, Jakarta Selatan.

Wabup mengatakan, kunjungan ini merupakan keseriusan Pemkab Paser dalam meningkatkan potensi kepariwisataan di daerah. Kunjungan ini tentunya dapat membuka ruang bagi kedua pemerintah untuk bertukar pikiran pengelolaan potensi pariwisata yang ada.

“Ada beberapa masukan dari Disparekraf DKI Jakarta dalam menggarap potensi wisatanya, seperti pengalokasian anggaran, pengemasan promosi wisata dan pemberdayaan ekonomi kreatif,”

Wabup Paser, Syarifah Masitah Assegaf

Masitah menambahkan, saat ini pengembangan sektor pariwisata menjadi salah satu fokus utama Pemkab Paser dalam program prioritas Paser MAS (Maju, Adil, Sejahtera).

“Kami juga memiliki komitmen untuk menempatkan pariwisata Paser sebagai sektor andalan ekonomi kreatif,” ucapnya.

Dijelaskan Masitah, ada beberapa Kawasan Strategis Pariwisata (KSP) yang akan dikembangkan Disparpora Paser secara bertahap dan ditargetkan tuntas pada 2024 mendatang.

“Fokus pak Bupati terkait pengembangan potensi wisata diantaranya obyek wisata alam Gunung Boga di Kecamatan Muara Samu dan wisata religi di Kecamatan Paser Belengkong,” terangnya.

Baca Juga :

Seperti wisata religi di Kecamatan Paser Belengkong, sambung Masitah, memiliki potensi sangat besar untuk membangkitkan perekonomian daerah bila dikelola secara profesional.

“Sektor wisata religi ini menunjukkan gairah cukup tinggi dan potensi ekonomi yang kuat, namun belum digarap maksimal,” kata Masitah.

Sementara, Sekretaris Sekretaris Disparekraf DKI Jakarta Gumelar Ekalaya menyampaikan apresiasi atas kunjungan Wabup Paser beserta jajaran ke Dinasnya.

Menurut Gumelar, tantangan terbesar dalam upaya pemulihan pariwisata di tengah kondisi pandemi Covid-19 dengan melakukan sejumlah inovasi dan terobosan.

“Terutama dalam hal pemasaran, mencari pasar baru, serta jaminan keamanan dari ancaman Covid-19. (*/rh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *