MULAWARMAN NEWS

Kemenkominfo RI Gelar Sertifikasi TIK di Paser

Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi mengalungkan tanda peserta sebagai tanda dimulainya sertifikasi kompetensi, Selasa (5/9/2017)

M-News.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) menggelar sertifikasi kompetensi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) bidang kominfo kepada para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kyriad Sadurengas Hotel, Selasa (5/9/2017).

Kegiatan yang dibuka secara resmi dibuka oleh Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, juga dihadiri Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum, Prof Dr  Henri Subiakto MA, Kepala Badan Litbang SDM Kemenkominfo yang diwakili Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPKI) Medan Irbar Samekto, Direktur LSP Komputer yang diwakili Koordinator Nasional Satria Gunayoman.

Turut pula hadir Sekretaris Daerah Paser Aji Sayid Fathur Rahman, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Paser Adi Maulana dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sekitar 70 peserta mengikuti sertifikasi nasional berbasis SKKNI ini yang merupakan lulusan SMK, D1, D2, D3, S1, bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berasal dari wilayah Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Kepala BBPKI Medan Medan Irbar Samekto mengatakan, sertifikasi kompetensi berbasis SKKNI kepada angkatan kerja muda untuk membantu mereka dalam memperoleh sertifikat keahlian.

“Tujuan kegiatan, Sertifikasi Nasional berbasis SKKNI Bidang TIK bagi lulusan SMK kejuruan, D1, D2, D3 dan S1 bidang TIK, untuk membekali mereka sebelum terjun ke dunia kerja,” kata Kepala BBPKI Irbar Samekto.

Dengan sertifikasi ini, lanjut Irbar, pihaknya memgharapkan lulusan di bidang TIK ini, selain mendapat sertifikat juga meningkatkan kompetensi mereka.

“Di kegiatan sertifikasi ini ada pengantar berupa penjelasan materi uji kompetensi yang disampaikan oleh tim assesor LSP Komputer, kemudian pra assesment, untuk memberikan gambaran kepada peserta mengenai skema yang akan diujikan,” imbuhnya.

Sementara Bupati Paser Yusriansyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Badan Litbang SDM Kemenkominfo RI dan Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Medan dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut.

“Terima kasih telah memilih Kabupaten Paser sebagai tempat penyelenggaraan pelatihan pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang teknologi

Menurut Yusriansyah, era kemajuan yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menuntut kita bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia utamanya dalam hal penguasaan teknologi, khususnya bagi calon tenaga kerja produktif.

“Cerdas dalam menggunakan teknologi modern yang dipadukan oleh keterampilan serta kecakapan dalam mengelola informasi, serta bijak dalam penggunaan media sosial, akan membawa efek positif kepada setiap individu, sekaligus bisa mengambil manfaat dari penggunaan media teknologi informasi dan komunikasi,” kata Bupati.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari yaitu mulai dari tanggal 5 sampai 8 September 2017, bertempat di SMK 1 Tanah Grogot, dimulai dengan pembukaan serta dilanjutkan dengan pengarahan seperti melakukan registrasi online kepada para peserta, uji kompetensi / assesment, berupa uji praktek dan observasi demonstrasi yang akan dilaksanakan oleh tim assesor. (sas/*/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *