MULAWARMAN NEWS

Kenalkan Tari Belian, Upaya Lestarikan Budaya Paser

M-NEWS.ID, Muara Komam – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan budaya Paser, salah satunya dengan memperkenalkan Tarian Belian.

Pimpinan Sanggar Tari Tatau Dayo Wencen mengatakan saat ini mereka berupaya untuk melestarikan budaya tarian Belian kepada masyarakat luas.

“Sekarang Tari Belian tidak hanya dilakukan saat ada ritual tertentu, tetapi sekarang di tampilkan saat ada acara seperti penyambutan tamu seperti ini,” kata Wencen saat di wawancara M-NEWS.ID di Desa Muara Langon, Sabtu (12/10/2019).

Dia menambahkan, saat ini Sanggar Tari Tatau Dayo memotivasi warga Desa Muara Langon agar bisa terus menghidupkan tradisi budaya tarian ini.

“Kami saat ini sedang melatih warga Desa Muara Langon dan ingin mereka menjadi penerus serta bisa mengembangkan tarian ini,” tuturnya.

Pada saat kunjungan Jurnalistik yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian bekerjasama dengan Disporpapora serta para jurnalis Paser ke Desa Muara Langon Kecamatan Muara Komam, Sanggar Tari Tatau Dayo menampilkan Tarian Belian Tarian Bukit, Bawo, dan juga Giring giring.

Penampilan mereka pun mendapatkan sambutan meriah dari rombongan maupun dari masyarakat yang hadir menyaksikan.(Dar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *