MULAWARMAN NEWS

KPU Kaltim Tetapkan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Hasil Pilgub Kaltim 2018

M-NEWS.ID, SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur menggelar rapat pleno terbuka penetapan calon gubernur dan wakil gubernur Kaltim terpilih periode 2018 – 2023 di Ballroom Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Selasa (24/7/2018).

KPU Kaltim akhirnya menetapkan pasangan Isran Noor dan Hadi Mulyadi sebagai pemenang Pilgub Kaltim 2018 dengan suara sah sebesar 417.711 pemilih lalu Paslon Rusmadi dan Safaruddin 324.226 suara, kemudian Paslon Syaharie Jaang dan Awang Ferdian 302.987 suara dan paslon Sofyan Hasdam dan Rizal Effendi 288.166 suara.

Komisioner KPU Kaltim Bidang Teknis, Rudiansyah mengatakan, rapat pleno penetapan itu dilaksanakan lantaran tak ada gugatan yang diajukan ke tingkat Mahkamah Konstitusi.

“Sesuai aturan maka pleno penetapan dilaksanakan hari ini oleh KPU Kaltim dan berita acara penetapan pemenang Pilgub diserahkan kepada Pemprov Kaltim, DPRD Kaltim, untuk disampaikan ke Kemendagri,” kata Rudiansyah.

Lebih lanjut Dia menjelaskan, Kemendagri akan menentukan waktu pelantikan hasil pilkada secara serentak di seluruh wilayah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Isran mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, baik partai koalisi, tim pemenangan, juga partai lawannya dan para penyelenggara pilkada.

“Kemenangan ini adalah kemenangan rakyat Kaltim,” kata Isran.

Lebih lanjut, dirinya menyebut penetapan dirinya sebagai pemenang baru permulaan dari hasil proses demokrasi di Kaltim.

“Sebenarnya ucapan selamat baru bisa diucapkan setelah masyarakat menilai kepemimpinan kami selama lima tahun kedepan,” ujarnya.

Dari pantauan M-News.id, rapat pleno tersebut dihadiri pasangan Isran Noor dan Hadi Mulyadi didampingi istri masing, Ketua DPRD Kaltim, perwakilan Polda Kaltim, Korem ASN, mahasiswa, tim sukses, partai politik pengusung dan terlihat pula calon gubernur nomor urut 4 Rusmadi.

Ratusan aparat kepolisian dan TNI ditambah kendaraan taktis tampak bersiaga melakukan pengamanan ketat dihalaman dan akses masuk ballroom. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *