MULAWARMAN NEWS

KPU Tetapkan DPS Pemilu 2019 Sebanyak 2.378.517 Pemilih. Ternyata, Lebih Banyak Pria Dibanding Wanita di Provinsi Kaltim

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPS pada Pemilu 2019 oleh KPU Kaltim / istimewa

M-NEWS.ID, SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltim, Selasa (19/06/2018), melalui Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPS pada Pemilu 2019 menetapkan sebanyak 2.378.517 pemilih.

“Dari hasil rekapitulasi DPS Pemilu 2019, saat ini ditetapkan sejumlah 2.378.517 pemilih,” ungkap Mohammad Syamsul Hadi selaku Komisioner KPU Kaltim Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM seusai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPS Pemilu 2019 yang digelar di Aula Sekretariat KPU Kaltim, Jalan Basuki Rahmat, Kota Samarinda.

Dari hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPS untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 itu, ternyata jumlah pemilih pria lebih banyak dibanding pemilih perempuan.

“Untuk pemilih laki-laki ditetapkan sebanyak 1.234.484 jiwa. Sedangkan pemilih perempuan sebanyak 1.144.033 jiwa,” ucap pria yang kerap disapa Syamsul ini.

Adapun yang menjadi dasar penetapan DPS atau Daftar Pemilih Sementara Pemilu 2019 tersebut, lanjut Syamsul, adalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kaltim 2018.

“Rekapitulasi DPS Pemilu 2019 ini, dilaksanakan terbuka dengan dihadiri unsur-unsur yang berkepentingan. Dan yang menjadi dasar penetapan DPS ini adalah DPT Pilgub 2018,” ujarnya.

Kendati telah ditetapkan, Syamsul menyampaikan akan tetap terdapat pemutakhiran kembali terhadap DPS hingga ke pemutakhiran DPT Pemilu 2019 yang akan ditetapkan pada 17 April 2019 mendatang.

“Mengingat data pemilih ini bersifat mobile, tentunya akan ada masyarakat pemilih yang akan bertambah usianya sehingga bisa turut memilih nantinya. Selain itu, kalangan masyarakat TNI-Polri yang pensiun, karena mereka juga mendapatkan hak yang sama untuk ikut memilih,” jelasnya.

Syamsul menghimbau pula kepada masyarakat, agar lebih proaktif untuk melakukan pengecekan data dirinya apakah sudah terdaftar atau belum di dalam DPS Pemilu 2019. Dengan mendatangi dan menanyakan langsung kepada para petugas PPK/PPS/KPPS ataupun KPU kabupaten/kota.

“Selain mendatangi dan menanyakan langsung kepada para petugas, masyarakat bisa juga melakukan pengecekan data DPS secara daring atau online. Dengan mengunjungi alamat: https://infopemilu.kpu.go.id,” imbuhnya.

Setelah terbuka, sambung Syamsul, warga dapat memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di kolom pencairan yang telah tersedia.

“Selanjutnya, nama yang bersangkutan akan muncul. Apabila tidak muncul, maka data diri yang beraangkutan belum terdaftar sebagai DPS,” pungkasnya. (sad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *