MULAWARMAN NEWS

Kunjungan ke Rutan Tanah Grogot, Bupati Paser Siap Dukung Pembinaan Kemandirian WBP

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli siap mendukung penuh kegiatan dan program-program pembinaan kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot.

Hal itu disampaikan Bupati Paser saat mengunjungi Rutan Tanah Grogot yang diterima langsung Kepala Rutan (Karutan) Tanah Grogot Doni Handriansyah didampingi sejumlah pejabat Rutan, Jumat (23/04/2021) pagi.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengapresiasi berbagai pembinaan, mulai dari pembinaan kerohaniaan, keterampilan tata boga, pelatihan meubeler, sampai kepada aspek pertanian dan perikanan.

“Kami sudah melihat langsung ke dalam Rutan hasil-hasil pembinaan warga binaan, dan Pemkab Paser siap mendukung program peningkatan kemandirian itu,”

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli

Menurut Fahmi, nantinya dukungan pembinaan kemandirian yang difasilitasi oleh pemerintah daerah yakni dengan menggandeng instansi-instansi yang berkaitan dalam pengembangan yang ingin dicapai.

“Dapat berupa penyuluhan-penyuluhan oleh dinas-dinas terkait. Misal untuk mengembangkan ikan maka nanti ada penyuluhan dari Dinas Perikanan atau untuk hasil-hasil kerajinan dapat difasilitasi Disperindagkop dan UKM,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Bupati, dalam kunjungan perdananya ke Rutan Tanah Grogot ini, Pemkab Paser juga berkomitmen kedepan akan mendukung perbaikan fasilitas sarana prasarana penunjang yang dibutuhkan WBP di Rutan.

“Salah satunya adalah pembangunan klinik rutan. Ini juga menjadi kebutuhan rutan karena antara warga binaan laki-laki atau perempuan yang sakit belum ada ruangan terpisah,” terangnya.

Sementara itu, Karutan Tanah Grogot Doni Handriansyah menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan dan dukungan yang akan diberikan Pemkab Paser kepada Rutan Tanah Grogot

‚ÄĚKami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang akan diberikan Pemkab Paser dalam bidang pengembangan pembinaan kemandirian agar lebih baik kedepannya,” kata Doni.

Baca Juga :

Doni juga mengungkapkan, ada beberapa sarana dan prasarana di Rutan Tanah Grogot yang perlu penambahan ataupun dilengkapi. Antara lain ruang hunian WBP, klinik kesehatan, wisma dan ruang kantor.

“Saat ini kami terbatas untuk ruang hunian. Dengan kapasitas 160 WBP tetapi pada kenyataannya terisi oleh 715 WBP. Kemudian keterbatasan ruang kantor, sehingga ruangannya harus bergantian dengan kegiatan pembinaan,” ungkapnya.

Dia berharap, dengan adanya dukungan yang diberikan dari Pemkab Paser ini dapat menjadikan pelayanan Rutan Tanah Grogot semakin meningkat dan menjadi lebih baik lagi kedepannya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *