MULAWARMAN NEWS

Kunker, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto Resmikan Koramil Muara Samu

M-NEWS.ID, TANA PASER – Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto, Selasa (10/09/2019), melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Teritorial Militer Kabupaten Paser. Dalam kunker ini, beliau sekaligus meresmikan Koramil 0904-09/Muara Samu Kodim 0904/TNG.

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Subiyanto mengajak setiap insan yang bertaqwa untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas rahmat dan ridhonya masih diberikan kekuatan lahir dan bathin sehingga dapat menghadiri peresmian 4 Koramil baru di wilayah Korem 091/Aji Surya Natakesuma dan Korem 101/Antasari.

“Perlu saya informasikan,Koramil sebagai pelaksana tugas pembinaan teritorial yang berkedudukan langsung di bawah Komandan Kodim. Dan memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan teritorial, untuk pemberdayaan wilayah pertahanan di tingkat kecamatan,” katanya.

Dihadapkan dengan semakin berkembangnya kondisi sosial budaya masyarakat, populasi penduduk serta pemekaran sejumlah Kecamatan di daerah yang semakin bertambah, lanjut Ia, Kodam menyetujui penambahan Koramil baru sesuai dengan pertimbangan dan kajian untuk mengoptimalkan pembinaan teritorial guna menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat.

“Koramil baru yang diresmikan hari ini, sebagian besar merupakan peningkatan status dari Pos Ramil menjadi Koramil, sebagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan tugas pembinaan teritorial. Sekaligus, memudahkan para Babinsa menjalankan tugas dalam mengatasi permasalahan, dan kesulitan yang dihadapi,” ucapnya.

Dikatakan, ada sejumlah realisasi pembentukan satuan kewilayahan yang baru (Koramil) berdasarkan Peraturan Kasad Nomor 18/2019 tertanggal 2 Juli 2019. Untuk Korem 091/Aji Surya Natakesuma, adalah Koramil 0904-09/Muara Samu dan Koramil 0909-07/Teluk Pandan.

Sedangkan di Wilayah Korem 101/Antasari, ialah Koramil 1001-12/Halong Kodim 1001/Amuntai dan Koramil 1022-07/Angsana Kodim 1022/Tanah Bumbu. Dimana keduanya berada di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Dengan adanya Koramil baru, diharapkan tugas pembinaan kewilayahan oleh Babinsa dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Karena, penambahan personel baru meningkatkan kerja seluruh komponen masyarakat dalam meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” ujarnya.

Dijelaskan, bahwa keberadaan para Babinsa di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan warga setempat. Dengan berbagai program teritorial, baik melalui kegiatan bakti sosial, karya bakti maupun program pengentasan kemiskinan yang dicanangkan pemerintah.

“Saya percaya, Koramil baru akan memberi dampak positif dalam membentuk masyarakat produktif. Serta, memberikan kemudahan dalam hal koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait baik dari Polri, maupun pemerintah kecamatan ditingkat Muspika,” paparnya.

Disampaikan juga, bahwa keterpaduan kerjasama Koramil dengan para tokoh agama, masyarakat, adat dan pemuda merupakan upaya nyata mensejahterakan masyarakat dan mendukung percepatan pembangunan di pedesaan.

“Saya selaku Pangdam VI/ Mulawarman, mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah memberi semua bantuan moril dan materiil. Sehingga pelaksanaan pembangunan Koramil baru di wilayah Kodam VI/Mulawarman, dapat berjalan lancar tanpa hambatan,” sambungnya.

Dan kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan seluruh lapisan masyarakat, Pandam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto berharap, agar kerjasama yang telah terbina sangat baik dapat terus dipelihara dan ditingkatkan hingga masa yang akan datang.

“Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, dan mohon ridho kepada Allah SWT, pada hari ini Makoramil 0904-09/Muara Samu, Makoramil 0909-07/Teluk Pandan, Makoramil 1001-12/Halong dan Makoramil 1022-07/Angsana, Saya nyatakan resmi untuk digunakan,” tutupnya.

Dari pantauan M-NEWS.ID, kemudian agenda peresmian Koramil dilanjutkan dengan penandatangan prasasti dan penyerahan piagam penghargaan oleh Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto. (drs/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *