MULAWARMAN NEWS

LAP Telesuri Jejak Sejarah Paser di Cianjur

M-NEWS.ID, TANA PASER – Pengurus Lembaga Adat Paser bersama sejumlah pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat mengunjungi Kabupaten Cianjur dalam rangka ekspedisi penelusuran jejak sejarah Kesultanan Paser di daerah itu, 28 November – 2 Desember 2018.

Beberapa makam peninggalan sejarah yang dikunjungi adalah makam Sultan Ibrahim Khaliluddin (Sultan Paser terakhir), makam Dayang Waru Permaisuri yang tak lain adalah istri dari Sultan Ibrahim Khaliluddin.

“Selain itu kami juga mengunjungi makam makam Aji Abdul Wahid (Putra tunggal Sultan Ibrahim Khaliluddin), makam Aji Ahmad Mulia (Cucu Sultan Ibrahim Khaliluddin), dan makam Pangeran Hidayatullah (Dari Kesultanan Banjar),” kata Ketua Umum Lembaga Adat Paser Arbain M Noor dihubungi di Tanah Grogot, Senin (3/12).

Selain mengunjungi makam Sultan Paser di Cianjur, LAP bersama Disdik juga melihat dokumen peninggalan sejarah Kesultan Paser.

“Selain mengunjungi makam Sultan dan Raja Paser, kami juga melihat dokumen atau arsip yang menceritakan Sultan Ibrahim Khaliludin. Arsip itu di simpan oleh keturunannya, Adjie Benni Fiermansyah Khaliluddin,” kata Arbain.

Arbain mengatakan, kunjungannya kali itu merupakan salah satu upaya mendudukan sejarah Paser yang sebenarnya. “Sejarah Paser harus diluruskan sesuai fakta. Kedepan kami akan menulis buku sejarah tentang Paser,” pungkasnya. (*/dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *