MULAWARMAN NEWS

Legislator DPRD Kaltim Ikuti Orientasi Tugas Kedewanan

Para Legislator DPRD Kaltim periode 2019-2024 yang sedang mengikuti Bimtek Orientasi Pengenalan Tugas Legislatif di Gedung Auditorium BPSDM Kemendagri

M-NEWS.ID, SAMARINDA – Para Legislator DPRD Kaltim periode 2019-2024, sejak Selasa hingga Kamis (8-10/10/2019), mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Orientasi Pengenalan Tugas Legislatif di Gedung Auditorium Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Seperti yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Kaltim M Samsun, bahwa orientasi merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh anggota DPRD Kaltim periode 2019 – 2024. Dimana, 55 legislator karang paci hadir semua dalam agenda orientasi tersebut.

“Hadir semua, karena ini kan agenda wajib untuk seluruh anggota dewan. Kalau tidak mengikuti saat ini, diwajibkan untuk mengikuti orientasi bersama provinsi lainnya,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan tersebut juga menyampaikan, bahwa dalam agenda dijelaskan mengenai materi Pancasila, UUD45, penyelenggaraan negara serta hubungan antara legislatif dan eksekutif yang berkaitan dengan standarisasi kerja bagi anggota DPRD Kaltim.

“Selain itu, ada juga tentang hak dan kewenangan dewan untuk pelaksanaan tugasnya dalam penyelenggaraan pemerintah daerah,” ucapnya.

Samsun yang telah menjabat sebagai Anggota DPRD Kaltim pada periode sebelumnya menerangkan pula, bahwa dalam agenda bimtek terdapat acuan yang berbeda dalam pelaksanaannya dengan agenda bimtek pada periode 2014 – 2019.

“Kalau dulu kan, kita mengacu pada PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 16. Kalau sekarang menggunakan PP Nomor 12,” pungkasnya. (dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *