MULAWARMAN NEWS

Lepas Jemaah Haji Paser, Bupati : Semoga Jadi Haji Mabrur

Bupati Paser saat melepas jamaah haji Paser di Gedung Awa Mangkuruku, Senin (24/7/2017)

M-News.id – Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi secara resmi melepas 249 calon jemaah haji Paser tahun 2017 di Gedung Awa Mangkuruku, Senin (24/7/2017).

Prosesi pelepasan calon jamaah haji Paser, turut dihadiri Wakil Bupati HM Mardikansyah, Ketua DPRD H Kaharuddin, forum koordinasi perangkat daerah, Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Paser H Asmuni Samad serta jajaran pimpinan SKPD, Badan, Kantor dan Kabag dilingkungan Pemkab Paser.

Bupati Yusriansyah dalam sambutannya berharap jamaah haji Paser yang masuk dalam kloter 10 mampu menjalankan ibadah haji dengan khusyuk karena ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam.

“Untuk memperoleh haji mabrur, harus diawali dengan niat yang tulus dan ikuti seluruh rangkaian dan rukun haji sesuai dengan cara yang diajarkan oleh Allah dan Rasul-Nya, dan sudah dipelajari melalui manasik,” kata Yusriansyah.

Selain itu Yusriansyah menghimbau para calon haji Paser untuk dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga menghasilkan nilai ibadah yang baik, sempurna , sehingga mampu meraih haji yang mabrur.

“Jauhi hal-hal yang dapat mengurangi dan bahkan menghilangkan nilai pahala haji dan jangan lupa jaga kebersamaan sesama jemaah haji Kabupaten Paser dan hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain,” pesan Bupati.

Sementara itu Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Paser H. Mohlis mengungkapkan bahwa saat ini daftar tunggu jamaah calon haji paser sampai sikohat senin 24 juli 2017 , berjumlah 5.116 orang.

“Apabila baru mendaftar tahun ini, maka baru bisa berangkat 21 tahun lagi atau pada tahun 2037,” ungkap Mohlis.

Mohlis juga menambahkan kuota haji Paser tahun ini kembali normal yaitu berjumlah 231 ditambah 2 tphd dan tambahan 16 orang jadi kuota Kabupaten Paser sekitar 249 jamaah.

Pada tahun 2017, menurut Mohlis, pelunasan PIH dibuka 2 tahap adapun jumlah jamaah calon haji paser yang telah melewati biaya penyelenggaraan ibadah haji berjumlah 242 orang.

“Dari data ada 2 orang jemaah mutasi ke kukar, 3 orang tunda keberangkatannya karena alasan kesehatan, jadi jumlah yang berangkat jadi 237 orang,” tambahnya.

Dari informasi yang dihimpun M-News.id, jumlah jamaah perkecamatan yaitu Tanah Grogot 120 orang, Kuaro 27 orang, Long Ikis 20 orang, Long Kali 15 orang, Batu Sopang 17 orang, Muara Komam 10 orang, Paser Belengkong 20 orang, Tanjung Harapan 8 orang.

Bimbingan manasik haji direncanakan akan dilaksanakan 10 kali pertemuan, tingkat kabupaten 2 kali, tingkat kecamatan 8 kali. Biaya manasik jamah haji paser berasal dari PAOH 2017. Jamaah akan berangkat ke embarkasi tanggal 10 Agustus 2017, sudah harus tiba pukul, 14.00 Wita. Sedangkan berangkat ke mekkah tanggal 11 Agustus 2017. (sas/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *