MULAWARMAN NEWS

Malam Mingguan Nobar Film G 30 S/PKI, Masyarakat Rela Berdiri dan Lesehan

Antusiasme masyarakat Paser saat nonton bareng film G 30 S/PKI di Arena TPSB Putri Petung, Sabtu (30/9/2017)

M-News.id – Ratusan masyarakat Paser tumpah ruah memadati Taman Promosi Seni Budaya Putri Petung (eks MTQ) di kawasan Jalan Basuki Rahmat, Kecamatan Tanah Grogot, Sabtu (30/9/2017).

Masyarakat yang terdiri dari berbagai elemen antusias menyaksikan setiap adegan di acara nonton bareng (nobar) film G 30 S/PKI yang dilaksanakan oleh Kodim 0904 Tanah Grogot. Bahkan saking penuhnya, beberapa warga memilih bediri dan duduk lesehan untuk menonton film teraebut.

Pemutaran film yang dimulai pukul 19.30 Wita ini juga dihadiri Dandim 0904/TNG Letkol Arh Ardian Patria Candra, Sekretaris Daerah Paser AS Fathur Rahman serta jajaran perwira dan prajurit Kodim 0904 Tanah Grogot.

Salah seorang siswa menengah pertama bernama Anto yang turut menghadiri nobar tersebut mengaku kali pertama menonton film G 30 S/PKI.

“Kebetulan besok hari libur, dan saya juga penasaran dengan filmnya, makanya ngajak teman-teman buat nonton film G 30 S/PKI,” kata Anto.

Lain pula alasan yang disampaikan Yuni yang merupakan salah satu mahasiswi di perguruan tinggi di Paser. Dia menyampaikan, dengan pemutaran film tersebut dapat memberikan wawasan kebangsaan tentang tragedi yang pernah menjadi bagian dari sejarah bangsa Indonesia.

“Bagi generasi muda, pemutaran film ini penting untuk menambah pengetahuan sejarah,” kata Yuni.

Berdasarkan pantauan M-News, kondisi sekitar arena Taman Promosi cukup padat dikarenakan banyaknya pengunjung yang hadir dan memarkirkan kendaraan di sekeliling lokasi nobar.

Untuk diketahui, Komando Distrik Militer (Kodim) 0904 Tanah Grogot menggelar nonton bareng film G 30 S/PKIĀ di dua kali di tempat berbeda selama sepekan.

Komandan Kodim 0904/TNG Letkol Arh Ardian Patria Candra melalui Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0904/TNG Mayor Kav Calvin menyampaikan nobar film G 30 S/PKI di fokuskan pada dua titik yaitu di Lapangan Prajurit pada tanggal 23 September 2017 dan Arena MTQ Putri Petung pada tanggal 30 September 2017.

Calvin juga mengungkapkan pemutaran film tersebut untuk mengenalkan sejarah dan mengingat kembali aksi kekejaman yang dilakukan Partai Komunis Indonesia pada 30 September yang silam. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *