MULAWARMAN NEWS

Masyarakat Batu Engau Antusias Ikuti Sosialisasi Rekrutmen Calon Anggota TNI AD

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Kodim 0904/Tng menggelar sosialisasi perekrutan calon Anggota TNI AD Secata Gelombang 1 tahun 2020 kepada masyarakat Kecamatan Batu Engau di Koramil 0904-08/Kerang, Rabu (29/01/2020).

Kegiatan ini dihadiri juga Danramil 0904-08/Kerang Kapten Ctp Tom Yones Daniel, Batipers (Bintara Tinggi Personel) Serma Rahmad Dwi Susanto, serta para orang tua dan pemuda yang telah lulus sekolah.

Kapten Ctp Tom Yones Daniel menyampaikan kegiatan ini bertujuan memberikan informasi terkait prosedur pendaftaran menjadi Prajurit TNI AD sehingga para calon sebelumnya dapat mempersiapkan fisik, mental serta melengkapi administrasi yang dibutuhkan.

“Modal pertama untuk menjadi seorang Prajurit TNI AD harus memiliki postur tubuh atau badan yang ideal, serta memiliki kelakuan yang baik dan tidak pernah ada cacat hukum”, kata Kapten Tom.

Dalam sosialisasi tersebut, Serma Rahmad Dwi Susanto menyampaikan materi tentang kriteria menjadi seorang Prajurit TNI AD dan memberikan tips khusus untuk mempersiapkan diri menjadi Prajurit TNI-AD. 

“Terkait penyiapan baik fisik maupun mental harus dibina sendiri karena semua tes masuk TNI AD perlu ada penyiapan diri seperti penyiapan fisik, kesehatan dan akademik yang mumpuni serta menegaskan bahwa tes masuk TNI AD tidak dipungut biaya apapun alias gratis,” ucapnya.

Dengan animo masyarakat Kecamatan Batu Engau yang cukup tinggi dalam kegiatan sosialisasi ini, Dia berharap animo yang tinggi akan diikuti juga dari 3 Kecamatan lainnya yang akan dikunjungi.

Adapun Persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk menjadi calon anggota TNI AD sebagai berikut :

1. Warga negara indonesia2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa

3. Setia kepada NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD RI tahun 1945

4. Usia min 18 tahun dan maks 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan

5. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh POLRI

6. Sehat jasmani dan rohani

7. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap

PERSYARATAN LAIN

1. Pria dan bukan anggota/mantan prajurit atau PNS TNI/POLRI2. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pertama sampai dengan 2 (dua) tahun setelah selesai pendidikan pertama

3. Bersedia menjalani ikatan dinas pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun

4. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi : administrasi; kesehatan; jasmani; mental ideologi; psikologi; dan akademik.

5. Berijazah minimal SMP/MTS (Tamtama)

6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah negara kesatuan Republik Indonesia

PERSYARATAN TAMBAHAN

1. Harus ada surat persetujuan mengikuti seleksi menjadi prajurit TNI AD dari orang tua/wali dan tidak melakukan intervensi terhadap panitia penerimaan dalam bentuk apapun, kapanpun dan dimanapun

2. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat

3. Surat keterangan rekomendasi dari Babinsa setempat.

BAHAN ADMINISTRASI PERLU DIPERSIAPKAN

1. Pasfoto 4 x 62. Kartu tanda penduduk ( K.T.P ) calon

3. Kartu tanda penduduk ( K.T.P ) orang tua / wali

4. Kartu keluarga

5. Akte kelahiran

6. Surat keterangan catatan kepolisian ( S.K.C.K )

7. Ijazah dan SKHU SMP/MTS8. Raport SMP/MTS (Tamtama)

9. Kartu peserta UN

TATA CARA MENDAFTAR.

Pendaftaran secara Online melalui website di http://rekrutmen-tni.mil.id.

Melaporkan diri ke tempat pendaftaran dengan membawa hasil Print Out daftar

Online dan membawa persyaratan administrasi asli dan menyerahkan fotokopi. (drs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *